Pemkot Targetkan Angka Kemiskinan Bandar Lampung Turun 8 Persen, Ini Langkahnya?

Pemkot Targetkan Angka Kemiskinan Bandar Lampung  Turun 8 Persen, Ini Langkahnya?

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Angka Kemiskinan Bandar Lampung pada Tahun 2023 ditargetkan oleh Pemkot Bandar Lampung turun menjadi 8 Persen dari 8,21 persen pada Tahun 2022.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah menyampaikan angka kemiskinan mulai turun sejak tahun 2022.

Untuk informasi, pada 2019 angka kemiskinan mencapai 8,71 persen, naik 2020 menjadi 8,81 persen, dan 2021 mencapai 9,11 persen. 

BACA JUGA:Gawat, Jumlah Sapi 9.629 Ekor, Mesuji Kekurangan Vaksin LSD

“Tahun 2019 hingga 2021 angka kemiskinan mengalami kenaikan karena pandemi Covid-19. Saat itu banyak yang di PHK, di rumahkan dan usaha menurun,” kata Khaidarmansyah. 

Menurutnya, usai pandemi Covid-19 angka kemiskinan Kota Tapis Berseri ditargetkan menurun hingga 8 persen. Upaya untuk menurunkan angka tersebut yakni dengan pendidikan, dan kesehatan gratis. 

Tak hanya itu, diberikan juga bantuan beras bagi penduduk miskin, bantuan kredit tanpa bunga, program pemberdayaan UMKM dan program lainnya. 

BACA JUGA:Sepanjang Januari hingga Mei 2023, Ada 4 Kejadian Kebakaran di Mesuji

"Memberikan berbagai bantuan secara gratis ini juga mengurangi pengeluaran masyarakat. Sehingga uang yang barunya untuk berobat atau biaya pendidikan bisa digunakan oleh masyarakat untuk modal usaha," tambahnya.

Lebih lanjut, Khaidarmansyah optimis jika program tersebut berjalan lancar, maka target angka kemiskinan turun menjadi 8 persen dapat tercapai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: