Peratin Daftar Bacaleg, Tapi Belum Mengundurkan Diri?

Peratin Daftar Bacaleg, Tapi Belum Mengundurkan Diri?

Peratin di Lampung Barat yang diindikasikan mendaftar sebagai bacaleg ke KPU, belum mengundurkan diri dari jabatannya. ILUSTRASI/FOTO NET--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejumlah peratin di Lampung Barat diduga mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada pemilu 2024

Namun meski sudah mendaftar ke KPU melalui masing-masing partai politik, peratin ini diduga belum menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan. 

Kabid Pemerintahan Pekon Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (DPMP) Lampung Barat Fauzan Ariadi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima satupun surat pengunduran diri dari peratin.

Sementara nama mereka sudah masuk dalam daftar bakal calon anggota legislatif di KPU Lampung Barat.

BACA JUGA: Buntut Bertemu Prabowo, Gibran Rakabuming Dipangil DPP PDIP

"Sampai sekarang kami belum menerima peratin yang mengajukan surat pengunduran diri karena maju di pemilihan legislatif," kata Fauzan Ariadi mewakili Kepala DPMP Lampung Barat Syaekhudin, Selasa 23 Mei 2023. 

Padahal, terus Fauzan, sebelum tahapan pendaftaran bacaleg, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada camat.

Isinya supaya mengkoordinasikan kepada seluruh peratin yang akan maju di Pemilu 2024 untuk memproses surat pengunduran diri.

"Kalau sudah ada surat pengunduran diri, tentunya tidak kita hambat dan akan kita proses," tegasnya. 

BACA JUGA: Dari Eks Kada, Ketua Parpol, hingga Pensiunan Jenderal Bisa Jadi Ancaman Incumbent DPR RI di Lampung

Fauzan menuturkan, proses pengunduran diri ini sekitar dua minggu sebelum diterbitkan surat keputusan pemberhentian peratin.

"Tetapi kembali lagi, sampai sekarang belum ada surat pengunduran diri dari peratin yang disampaikan melalui camat," tegasnya.

Fauzan menegaskan, jika peratin yang maju sebagai bacaleg dan tidak mengundurkan diri dari jabatan, maka hal tersebut bakal menghambat proses pencalonannya.

"Bisa jadi nanti mereka terganjal karena tidak adanya surat pengunduran diri. Karena saya yakin itu menjadi salah satu syarat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: