Wisuda 1.040 Lulusan, Rektor Paparkan Capaian Prestasi Gemilang UBL

Wisuda 1.040 Lulusan, Rektor Paparkan Capaian Prestasi Gemilang UBL

--

"Kami juga terus mendorong peningkatan kualitas dosen sampai ke jenjang Guru Besar dan untuk saat ini ada tambahan 6 orang calon profesor di UBL. Selain itu, 19 dosen sedang menjalani pendidikan Doktor (S3) dan 7 orang dosen yang sudah selesai, 8 diantaranya sedang studi lanjut di luar negeri,” tambah Yusuf. 

Upaya lain juga dilakukan berkaitan dengan kurikulum Kontekstual Learning UBL yang saat ini telah dikonversi menjadi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

UBL menjadi salah satu Center of Excellence untuk impelentasi progam ini dengan terpilihnya dosen UBL menjadi Koordinator Nasional Duta Kampus Merdeka. Salah satu program MBKM adalah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). 

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDM) merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang mengajak para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, mahasiswa dapat merasakan secara langsung keberagaman budaya nusantara, baik secara tertulis maupun praktik. 

Dan tahun 2022 lalu, UBL berkesempatan menerima sebanyak 61 mahasiswa dari 39 Kampus di Indonesia untuk kuliah di UBL.

Selain itu juga, Dirjen Dikti memberikan kesempatan bagi Perguruan Tinggi untuk mengadakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Mandiri, dimana UBL mengirimkan 6 orang mahasiswanya ke University of Kitakyushu, Jepang.

UBL juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa, mengukir berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik dengan menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki melalui berbagai kegiatan positif di 23 Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM). 

Capaian prestasi mahasiswa UBL yang diraih antara lain:

1. Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi, Lulu Zaharani Krisna Wibowo berhasil terpilih menjadi Runner Up 2 pada ajang pemilihan Putri Indonesia 2023 dan Putri Indonesia Pariwisata 2023.

2. Tim Mahasiwa Arsitektur UBL meraih Juara 3 Desain Lanskep Gerbang Kota Bogor Tahun 2022. 

3. Mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi, Laras Whisanty Prameswari, mewakili Kontingen Provinsi Lampung di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) di Malang,  24-28 Oktober 2022 meraih Juara ke-3 Lomba Menyanyi Solo Pop Putri.

4. Tim Mahasiswa Teknik Mesin UBL mendapatkan penghargaan kategori “Best Creativity” Tingkat Nasional di ajang Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin ke 11 yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin Tahun 2022.

5. Mahasiswi prodi Manajemen, Ayu Sulistiandari dan Rizki Adinata, mahasiswa prodi Ilmu Hukum berhasil medaih medali Emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII 2022 di Padang. (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: