Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Gambaran surga yang akan dihuni golongan umat manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Foto Tangkapan Layar/YouTube Tafakkur Fiddin--

BACA JUGA: Ngeri! Golongan Ini yang Didoakan Malaikat Jibril Masuk Neraka

Tingkatan surga ini diperuntukkan bagi siapa saja yang selalu merasa bersyukur kepada Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya, Al-Qur’an Surat Fatir ayat 34 dan ayat 35, yang artinya:

“Dan mereka berkata:”Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengamoun lagi Maha Mensyukuri,” (Q.S Fatir ayat 34).

“Yang menempatkan kami ke dalam tempat yang kekal (surga) atas karunia-Nya, di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu,” (Q.S Fatir ayat 35).

5. Surga Jannatul Ma’wa

BACA JUGA: Malaikat Ini Kehilangan Senyuman Sejak Neraka Diciptakan, Siapa?

Jannatul Ma’wa akan diperuntukkan bagi siapa saja hamba-Nya yang bertaqwa, beramal shaleh, mampu menahan hawa nafsu serta meyakini kebesaran Allah SWT.

Surga di tingkatan ini bahkan disebut dalam Al-Qur’an Surat An-Najm ayat 15 yang artinya:

“Di dekatnya ada surga tempat tinggal,” (Q.S An-Najm ayat 15).

Jika merujuk pada Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir, maka maksud dari ayat tersebut membahas tentang surga al Ma’wa sebagai tempat ruh-ruh orang beriman kembali ke sisi-Nya.

BACA JUGA: Mengenal Tanda Kiamat, Kemunculan Azazil yang Berjanji Sesatkan Umat Manusia Hingga ke Neraka Jahannam

6. Surga Jannatun Na’im

Lalu di tingkatan berikutnya ada surga Na’im atau dikenal dengan surga yang memiliki kenikmatan. Yang mana penciptaannya terbuat dari perak putih.

Para penghuni Jannatun Na’im ini sejalan dengan Al-Qur’an Surat Luqman ayat 8, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,” (Q.S Luqman ayat 8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: