Mengenal 7 Tingkatan Neraka Berdasarkan Penjelasan Al-Qur’an

Mengenal 7 Tingkatan Neraka Berdasarkan Penjelasan Al-Qur’an

Neraka, tempat paling buruk yang menjadi balasan bagi siapa saja yang mendustakan Allah SWT.--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setiap mahluk yang hidup di langit dan bumi pasti akan mati apabila hari kiamat telah tiba atas ketetapan-Nya.

Allah SWT sudah menetapkan kapan waktu bagi hamba-Nya untuk dipanggil kembali ke sisi-Nya.

Namun ketika kembali, tak semua termasuk umat yang taat dan patuh terhadap apa-apa saja yang diajarkan Allah SWT lewat agama yang diturunkan.

Apabila seorang hamba selalu berbuat kebajikan selama hidupnya, maka surga yang keindahannya tak dapat dideskripsikan dengan akal manusia akan menjadi balasan baginya.

BACA JUGA: Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Sedangkan barang siapa yang mendustakan Allah, maka balasan bagi orang itu adalah neraka yang di dalamnya dipenuhi api yang menyala-nyala.

Dirangkum Radarlampung.co.id dari berbagai sumber pada Selasa, 30 Mei 2023. Neraka memiliki tujuh tingkatan sesuai dengan perbuatan dosa apa yang dilakukan oleh mahluk ciptaan-Nya selama hidup di dunia.

Tingkatan Neraka

1. Neraka Jahannam

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Pulau di Kabupaten Pesawaran yang Kece, Surga Dunia Bagi Kamu Hobby Snorkeling

Ditingkat pertama adalah tempat bagi golongan umat manusia yang melakukan dosa kecil maupun besar.

Neraka Jahannam diperuntukkan bagi siapa saja yang kafir dan aniaya kepada Allah SWT.

Apabila seorang kaum muslimin wal muslimah, mukminin wal mukminat telah masuk ke dalam neraka Jahannam. Maka mereka kekal di dalamnya, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 169, yang artinya:

“Bahwasannya orang-orang yang kafir dan orang yang aniaya itu tidak akan diampuni Allah, dan tidak pula mereka ditunjuki jalan, melainkan jalan ke neraka Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah sekali bagi Allah,” (Q.S An-Nisa ayat 169).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: