Sadarlah! Uban Menjadi Pengingat Ajal dan Hari Kiamat

Sadarlah! Uban Menjadi Pengingat Ajal dan Hari Kiamat

Uban atau rambut putih yang bermakna pengingat mendekatnya ajal dan akan bersinar di hari kiamat. ILUSTRASI/FOTO Unsplash--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ajal seseorang adalah hal yang pasti terjadi dan dialami oleh setiap umat manusia, yang kini sedang menjalani kehidupan dunia.

Kematian menjadi janji Allah SWT yang sudah ditetapkan sebagai peristiwa yang pasti terjadi dan dialami oleh setiap manusia.

Salah satu pertanda ajal seseorang sudah dekat adalah berubahnya warna rambut yang hitam menjadi putih atau ber-uban.

Tumbuhnya uban disebut-sebut sebagai pertanda mendekatnya ajal seseorang. Uban menjadi peringatan bahwa setiap orang akan segera menemui ajalnya.

BACA JUGA: Gambaran Langit Saat Hari Kiamat yang Seolah Dihujani Meteor

Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Fathir ayat 37, yang artinya:

“….Bukankah telah Kami panjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab) Kami, dan bagi orang-orang zalim tiada seorangpun penolong,” (Q.S Fathir ayat 37).

Dalam kitab tafsir Ibnu Katsir, yang di dalamnya berisi penjelasan dari para ulama tafsir diantaranya Ibnu Abbas, Ikrimah, Qatadan, Ibnu ‘Uyainah dan lainnya.

Maksud dari ayat tersebut yang membahas tentang ‘pemberi peringatan’ ditafsirkan sebagai uban atau kondisi dimana rambut mulai memutih.

BACA JUGA: Penomena Matahari Terbit Dari Barat, Benarkah Tanda Kiamat Kubra, Ini Versi Ahli Astronomi dan UAH

Uban memang dianggap lumrah terutama di usia senja, sebagai pengingat bagi manusia bahwa dirinya tengah berada dipenghujung kehidupan.

Tak ada yang tahu kapan ajal akan datang menjemput umat manusia yang telah ditetapkan untuk meninggal dunia.

Namun dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam  dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Bahwasannya umur umat manusia itu akan bertahan diantara 60 sampai dengan 70 tahun. Dan tidak banyak yang melebihi daripada itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: