Bandara Neira, Sejarah Rempah-rempah Hingga Surga Bawah Laut Indonesia

Bandara Neira, Sejarah Rempah-rempah Hingga Surga Bawah Laut Indonesia

Banda Neira salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang menyimpan sejarah hingga tempat wisata. ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN DISPAR.MALUKUPROV.GO.ID--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Banda Neira atau Banda Naira, salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Banda. Pulau dengan destinasi wisata indah yang menggoda. 

Secara administratif, pulau dengan memiliki sejumlah destinasi wisata indah ini merupakan pusat dari Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Pulau Banda Neira terdiri dari enam desa yang menarik. Meliputi Dwi Warna, Merdeka, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, dan Kampung Baru. 

Desa-desa ini menjadi rumah bagi sekitar 14.000 penduduk. 

BACA JUGA: Lima Destinasi Wisata Eksotis di Kinabalu, Nomor 3 Serasa di New Zealand

Dalam sejarahnya, pulau ini memiliki peran penting sebagai pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia pada abad ke-19.

Selain tempat wisata, Banda Neira memiliki daya tarik yang luar biasa. 

Salah satu daya tarik utamanya adalah sejarahnya yang kaya sebagai pusat perdagangan rempah-rempah.

Pada masa kolonial, pulau ini menjadi pusat penting bagi perdagangan pala dan fuli. 

BACA JUGA: Rekomendasi Wisata di Purwakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Bunga pala merupakan komoditas yang sangat berharga pada saat itu dan menjadi sumber kekayaan bagi pemukim dan pedagang asing yang datang ke pulau ini.

Selain warisan sejarah, Banda Neira juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. 


Pulau Hatta yang awalnya bernama Pulau Rosengain, sebelum menjadi lokasi pengasingan Muhammad Hatta. FOTO DOKUMEN DISPAR.MALUKUPROV.GO.ID--

Pulau ini dikelilingi oleh perairan jernih dan terumbu karang yang indah, menjadikannya tempat wisata yang populer untuk menyelam dan snorkeling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: