Mengenal Salah Satu Kerajaan Kutai Yang Tertua Di Indonesia

Mengenal  Salah Satu Kerajaan Kutai Yang Tertua Di Indonesia

Istana Kerajaan Kutai-kebudayaan.kemendikbud.go.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kutai merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-4 Masehi. kerajaan Kutai terletak di wilayah Kalimantan Timur dan menjadi cikal bakal dari bangsa Melayu. kerajaan Kutai memiliki sejarah yang panjang dan penting, serta menjadi bagian dari sejarah peradaban Indonesia.

Kerajaan Kutai terdiri dari tiga periode utama, yaitu Kerajaan Kutai Kuno, Kerajaan Kutai Kartanegara, dan Kerajaan Kutai Lama. Periode pertama dari Kerajaan Kutai Kuno didirikan pada abad ke-4 Masehi oleh raja pertamanya bernama Aji Batara Agung Dewa Sakti pada masa pemerintahannya terjadi perubahan yang signifikan dalam sejarah Indonesia.

Pada awal pemerintahan Aji Batara Agung Dewa Sakti berpusat di Muara Kaman, kemudian memindahkan pusat kerajaan di Muara Ancalong. Yang mengejutkan adalah Aji Batara Agung Dewa Sakti memiliki agama Hindu Buddha, sehingga masyarakatnya ikut menganut agama tersebut.

BACA JUGA:Kucing Korat, Ras Kucing Langka Si Pembawa Keberuntungan dan Juga Kemakmuran

Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja kedua, Kudungga, dengan menjalin hubungan dagang dan politik dengan negara-negara di Asia Tenggara dan Tiongkok. Dalam hubungan ini, Kerajaan Kutai memperoleh pengaruh besar, terutama dalam perdagangan dan perkembangan budaya.

Periode kedua dari Kerajaan Kutai Kartanegara, didirikan pada abad ke-13 oleh Raja Aji Batara Agung Pandan di wilayah Kartanegara. Pada masa ini, Kerajaan Kutai mengalami kemajuan pesat di bidang ekonomi yang merupakan hasil dari perdagangan antar wilayah kerajaan. Selain bidang ekonomi, Kerajaan Kutai Kartanegara juga memiliki seni dan budaya yang maju yang tercermin dalam hiasan ornamen ukiran arca dan batu nisan.

Terakhir, Kerajaan Kutai Lama, mengalami kemunduran pada abad ke-16 oleh serangan dari Kerajaan Berau dan pasukan Belanda. Berbagai kondisi eksternal dan internal membuat Kerajaan Kutai Lama mengalami kemunduran, baik dalam kekuasaan maupun faktor-faktor lain yang berpengaruh.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel yang Wajib Kamu Kunjungi

Sejarah panjang Kerajaan Kutai memiliki nilai penting bagi budaya dan peradaban Indonesia. Bangsa Indonesia khususnya dari kalimantan, wajib mengetahui sejarah Kerajaan Kutai karena Kerajaan Kutai merupakan cikal bakal peradaban yang saat ini kita nikmati.

Tak hanya sebagai sejarah, Kerajaan Kutai juga bisa menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Indonesia. Beberapa situs bersejarah Kerajaan Kutai seperti makam raja-raja kutai, candi agung muara kaman, dan situs arkeologi batu tulis, merupakan situs yang dapat menjadi destinasi wisata edukatif sekaligus mengingatkan tentang kekayaan budaya Indonesia.

Penting bagi masyarakat Kalimantan, Indonesia, dan dunia untuk mempelajari lebih dalam peradaban Kerajaan Kutai, mengingat sejarah merupakan bagian tak terpisahkan dari bangsa kita.  Sebagai generasi penerus, kita harus melestarikan serta mempertahankan sejarah Kerajaan Kutai ini, sekaligus memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang nilai-nilai sejarah Indonesia (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: