Alien Sapa Penduduk Bumi? Sinyal Berulang Muncul dari Pusat Galaksi Bimasakti

Alien Sapa Penduduk Bumi? Sinyal Berulang Muncul dari Pusat Galaksi Bimasakti

Alien Sapa Penduduk Bumi Sinyal Berulang Muncul dari Pusat Galaksi Bimasakti--deepai

RADARLAMPUNG.CO.ID-Keberadaan alien masih menjadi perdebatan. Usaha mencari kehidupan di luar bumi terus dilakukan oleh para ilmuwan.

Usaha mencari alien di luar bumi itu juga termasuk dengan meneliti denyut sinyal radio dari pusat galaksi Bimasakti.

Denyut ini jadi cara efektif berkomunikasi dalam jarak jauh dan jadi target menarik untuk didengarkan saat mencari keberadaan alien.

BACA JUGA:Geger Misteri Penampakan Alien di Las Vegas, Fakta Laporan Saksi dan Investigasi Polisi

Para ilmuwan menjelaskan strategi berburu alien itu dalam sebuah studi baru, yang diterbitkan pada 30 Mei di The Astronomical Journal.

Para peneliti yang dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana Cornell University, Akshay Suresh, mengembangkan perangkat lunak untuk mendeteksi pola frekuensi yang berulang-ulang dan mengujinya pada pulsar-pulsar yang sudah diketahui untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut bisa menangkap frekuensi yang sempit.

Rentang frekuensi ini sangat kecil, sekitar sepersepuluh dari lebar frekuensi yang digunakan oleh stasiun radio FM pada umumnya.

BACA JUGA:Misteri Kendaraan Alien: Al Quran Ungkap Keberadaannya menurut Pandangan Islam

Para peneliti kemudian mencari data dari Teleskop Green Bank di Virginia Barat dengan menggunakan metode tersebut.

"Hingga saat ini, radio SETI terutama mendedikasikan upayanya untuk mencari sinyal yang berkelanjutan," kata rekan penulis studi Vishal Gajjar dari SETI Institute, dalam sebuah pernyataan dikutip dari space.com.

Para peneliti mendengarkan di bagian tengah pusat galaksi Bimasakti karena di sana terdapat banyak bintang dan exoplanet yang berpotensi untuk dihuni.

BACA JUGA:Misteri Kendaraan Alien: Amerika Serikat Didesak untuk Mengungkap Bukti Adanya UFO

Selain itu, jika ada alien cerdas di inti Bimasakti yang ingin menjangkau seluruh galaksi, mereka bisa mengirimkan sinyal yang menyapu beragam planet, mengingat posisi mereka yang istimewa di pusat galaksi.

"Menggunakan bandwidth yang sempit dan pola yang berulang-ulang akan menjadi cara utama bagi alien untuk mengungkapkan diri mereka sendiri, karena kombinasi seperti itu sangat tidak mungkin terjadi secara alami," kata rekan penulis studi tersebut, Steve Croft, seorang ilmuwan proyek dari program Breakthrough Listen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: