Iklan Bos Aca Header Detail

Dewan Minta Sekolah di Provinsi Lampung Tak Gelar Wisuda Mahal

Dewan Minta Sekolah di Provinsi Lampung Tak Gelar Wisuda Mahal

Wakil Ketua I DPRD Lampung, Elly Wahyuni.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dunia Pendidikan nasional saat ini tengah menjadi perbincangan. Pemicunya sepele, yaitu prosesi wisuda yang dilaksanakan hampir di semua tingkat pendidikan.

Jika sebelumnya kesakralan prosesi wisuda hanya dirasakan oleh mahasiswa Strata 1 ke atas, kini lulusan Taman Kanak-Kanak (TK) pun sudah merasakannya.

Sekolah-sekolah khususnya swasta mulai dari level TK sampai Sekolah Menengah Umum (SMU) seolah berlomba mengadakan acara kelulusan atau pelepasan siswa yang biasanya dirangkai dengan prosesi wisuda.

Maka tak heran bila di akhir musim belajar seperti sekarang, banyak orang tua yang dibuat pusing tujuh keliling ketika buah hatinya minta dibelikan atau disewakan toga, lengkap dengan jubahnya untuk acara wisuda kelulusan.

BACA JUGA:Sangat Terkenal, 4 Jenis Batu Akik Asal Lampung Ini Banyak Diburu Kolektor, Kamu Punya yang Mana?

Bagi sebagian orang, fenomena mungkin ini mungkin merupakan suatu hal yang wajar.

Bahkan sebagian menyambut antusias karena mereka mendapat momen membahagiakan dengan sang buah hati.

Terpenting lagi bisa mendapat materi foto atau video baru untuk di posting di media sosial.

Terkait fenomena pelaksanaan wisuda di setiap tingkatan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ikut menyoroti hal tersebut.

Disampaikan Wakil Ketua I DPRD Lampung Elly Wahyuni, dirinya sangat setuju dengan yang disampaikan orang tua terkait keluhan adanya pelaksanaan wisuda di setiap jenjang pendidikan.

Dengan kondisi ekonomi yang tengah sulit saat ini, menurut Elly Wahyuni, sekolah dari tingkat TK hingga SMA/K sebaiknya tidak menggelar wisuda atau perpisahan secara berlebihan.

BACA JUGA:Kode Promo Grab Lampung Istimewa, Selasa 20 Juni 2023, Gunakan Diskon Kilat di GrabFood

"Saya sangat setuju apa yang dikemukakan orang tua (keluhan wisuda anak, red), dengan kondisi ekonomi sekarang dan keuangan turun sekarang. Sekolah harus memahami kondisi orang tua siswa," ujar Elly Wahyuni, Selasa 20 Juni 2023.

Dicontohkan Elly Wahyuni, perguruan tinggi saat melaksanakan proses wisuda ada yang melaksanakannya di lingkungan kampus sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: