Berikut Hasil Pengumuman PPDB SMA dan SMK Lampung tahun 2023

Berikut Hasil Pengumuman PPDB SMA dan SMK Lampung tahun 2023

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung melalui Musyawarah Kerja Kelapa Sekolah (MKKS) mengumumkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru, Senin 26 Mei 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung melalui Musyawarah Kerja Kelapa Sekolah (MKKS) mengumumkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru, Senin 26 Mei 2023.

Ketua MKKS SMA Hendra Putra mengatakan jika pengumuman yang sudah dilakukan serentak pada jumat  malam, 23 Juni 2023 itu kini baru diumumkan keseluruhannya saat ini.

"Alhamdulillah semua prosesnya sudah berjalan baik, Hari ini yang kami sampaikan adalah total peserta yang lulus PPDB dengan sistem online, karena beberapa sekolah dengan keterbatasan akses internet hingga kini belum mengumpulkan hasil datanya , seperti daerah pedalaman di Pesibar dan Tulang Bawang mudah-mudahan tidak terlalu lama bisa kita dapatkan," kata Hendra dalam konfrensi persnya.

Hendra menyebut pada tahun 2023 terdapat 43.360 pendaftar dengan total daya tampung 40.450 kursi.

BACA JUGA:Perlu Tahu! Ini Daftar Wilayah di Provinsi Jambi, Terdapat 9 Kabupaten dan 2 Kota Begini Rinciannya

"Sedang yang total diterima se Lampung yakni 35.299 orang dari 15 kabupaten/kota. Dan total yang tidak diterima atau tidak tertampung sebanyak 8.061 orang, kekurangan atau kosong 5.050 orang," ungkapnya.

Ditanya mengapa jumlah peserta yang lulus tidak sesuai target padahal terdapat juknis terdapat baru pada sistem PPDB, yakni pilihan dua sekolah hingga 15 persen untuk daya tampung prestasi? Hendra menjawab banyak masyarakat yang bersikukuh pada satu sekolah saja.

"Masyarakat punya hak memilih sekolah terbaik menurutnya, Yang diterima lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kuota, ini bisa jadi si pendaftar salah strategi dan prediksi. Ada yang daftar melalui zonasi dengan memilih sekolah yang diinginkan ternyata jaraknya tidak terjangkau, ada juga melalui jalur prestasi disekolah yang diinginkan ternyata nilai tidak mencukupi," ungkapnya.

"Pesisnya yang memilih satu sekolah itu saya kurang faham jelasnya, tetapi itu banyak yang bersikeras pada satu sekolah saja, padahal ada pilihan yang sesuai ketentuan, ya itu fenomena," sambungnya.

BACA JUGA:Mengenal Jenis dan Karakteristik Batu Giok Aceh yang Banyak Diburu Kolektor Dengan Harga Miliaran

Menurut Hendra, pada tahun 2023 ini jumlah pendaftar cenderung meningkat sehingga kekosongan sekolah misalnya di Bandar Lampung kini tidak ada.

"Kalau tahun lalu ada dua sekolah di Bandar Lampung yang kekurangan siswa, tapi tahun ini tidak. Semua terisi. Untuk 8ribu yang tidak diterima ini kita tidak punya aksesnya mereka akan ke swasta atau ke pondok karena sekolah swasta sangat banyak . tapi kita harapkan mereka tidak putus sekolah," ujar Hendra.

Meski begitu, Hendra menegaskan tidak akan ada PPDB tahap kedua meski kekurangan mencapai 5 ribu di berbagai wilayah salah satunya di Lampung tengah dengan total 700 lebih kekurangan siswa.

"Arahan pimpinan tidak ada periode dua kali, andaikan pada penutupan ada yang tidak daftar ulang maka kami pastikan itu tidak ada yang mengganti dan dibiarkan kosong saja," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: