UPTD Promosi Wisata Anjungan Lampung Barat Dibubarkan

UPTD Promosi Wisata Anjungan Lampung Barat Dibubarkan

Anjungan Lampung Barat.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - UPTD Promosi Wisata yang berpusat di Anjungan Lampung Barat di PKOR Way Halim Bandar Lampung, akhirnya dibubarkan oleh Pemkab Lampung Barat.

Hal ini mengakibatkan, 21 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkantor di UPTD Posisi Wisata yang berada di PKOR Way Halim, Bandar Lampung yang selama ini disinyalir 'makan gaji buta' tersebut direncanakan akan dikembalikan ke Perangkat Daerah masing-masing.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat, Dahlin mengatakan, pembubaran tersebut, karena mempertimbangkan kondisi saat ini, dimana UPTD Promosi Wisata di PKOR Way Halim tidak lagi dibutuhkan.

Terlebih Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) di UPTD tersebut sama dengan Tupoksi di Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka pihaknya memproses untuk pembubaran dari UPTD yang keberadaannya sudah sejak lama.

BACA JUGA:Deretan Makanan Khas Indramayu Ini Wajib Dicoba karena Miliki Cita Rasa yang Unik dan Sedap

"Jadi, Dibentuknya UPTD Promosi Wisata itu awalnya dalam rangka mendukung kegiatan yang adanya di provinsi, sementara kegiatan tersebut sudah tidak ada lagi, dan juga Tupoksinya sama dengan salah satu bidang, karena itu kami menilai sudah tidak lagi dibutuhkan sehingga kami ajukan untuk dilakukan pembubaran," ungkap Dahlin, Selasa 27 Juni 2023.

Lebih lanjut Dahlin mengungkapkan, di kantor perwakilan tersebut terdapat 21 orang ASN dua diantaranya ASN golongan IIId, kemudian terdapat satu orang tenaga harian lepas sukarela (THLS).

"Selama ini karena UPTD Promosi Wisata tersebut berada di bawah Disporapar, maka secara otomatis anggaran mulai gaji dan lainnya dibebankan di DPA (daftar plafon anggaran) Disporapar. Jumlah pegawainya ada 21 orang," bebernya, seraya menambahkan proses pembubaran UPTD Promosi Wisata tersebut telah dalam proses oleh Sekretariat Pemkab Lampung Barat dalam hal ini Bagian Organisasi.

BACA JUGA:Akhirnya, Lampu Traffic Light di Jalan Juanda Kota Agung Akhirnya Kembali Menyala

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Pemkab Lampung Barat  Surahman mengungkapkan, pembubaran sudah dilakukan dengan telah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Bupati Lampung Barat.

Namun Surahman, belum bisa merinci prihal tindaklanjut dari pembubaran tersebut, termasuk penempatan ASN ex UPTD Promosi Wisata yang nantinya akan dikembalikan ke perangkat daerah.

"Yang pasti untuk pembubarannya sudah, karena Perbup-nya sudah terbit, tetapi seperti apa tindaklanjutnya nanti akan kami sampaikan," pungkas Surahman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: