Iklan Bos Aca Header Detail

Pilot Project Udang Vaname Air Tawar Panen Perdana

Pilot Project Udang Vaname Air Tawar Panen Perdana

Gubenur Lampung Arinal Djunaidi melakukan panen perdana Pilot Project budidaya udang vaname air tawar di Agro Park, Rabu 5 Juli 2023.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lakukan panen perdana pilot project budidaya udang air tawar di Agro Park, Lampung Selatan, pada Rabu 5 Juli 2023.

Arinal Djunaidi mengatakan, Provinsi Lampung telah lama menjadi sentral tambak udang vaname yang dibudidayakan di perairan payau atau daerah pesisir.

Sehingga, membuat daerah yang jauh dari pesisir tidak memiliki kesempatan untuk memproduksi udang vaname yang merupakan komoditas ekspor dan bisa menjadi usaha dengan keuntungan yang menjanjikan.

Mengingat potensi air tawar di Provinsi Lampung cukup besar, dan sifat udang vaneme tahan terhadap sanitasi rendah, kata Arinal Djunaidi, Pemprov Lampung mengupayakan teknologi budidaya udang vaneme di air tawar.

BACA JUGA:Gaji ke-13 dan TPP Tak Kunjung Cair, Pejabat Tulang Bawang Jual Aset

Pengembangan teknologi tersebut melalui kerjasama dengan PT.Budidaya Udang Air Tawar (BUAT).

"Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan dan keberanian PT.BUAT melakukan Pilot Project ini. Karena sepengetahuan saya baru di PKK Agro Park ini udang vaname berhasil dibudidayakan pada air tawar atau sanitasi nol," ujar Arinal Djunaidi.

Dimana, diungkapkan Arinal Djunaidi, jika hanya budidaya udang vaname pada sanitasi rendah telah berhasil dilakukan di Provinsi Lampung sejak 2021, utamanya di Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

"Tapi yang benar-benar air tawar baru disini dilakukan," ucapnya.

BACA JUGA:Prof Irwan : Selamat Hari Jadi ke-8 Radar Lampung Online

Lanjut Arinal Djunaidi, meski capaian teknologi saat ini belum sempurna, karena Survival Rate (SR) yang belum terlalu tinggi, akan tetap memberikan harapan besar bagi masyarakat yang jauh dari pesisir untuk dapat budidaya udang vaname.

"Dengan daerah jauh dari pesisir turut budidaya akan meningkatkan produksi dan eskpor udang vaname Provinsi Lampung secara signifikan," tuturnya.

"Serta menambah peluang usaha masyarakat, meningkatkan konsumsi ikan dan berperan dalam pencegahan terjadinya stunting," ungkapnya.

Diketahui, luas lahan yang digunakan untuk Pilot Project budidaya udang vaname air tawar ini dilakukan 2.500 m2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: