Iklan Bos Aca Header Detail

Menelisik Keindahan dan Misteri di Balik Legenda Kraton Ratu Boko

Menelisik Keindahan dan Misteri di Balik Legenda Kraton Ratu Boko

kraton ratu boko yogyakarta-by wikipedia net-

RADARLAMPUNG.CO.ID -.Candi Kraton Ratu Boko adalah sebuah kompleks istana yang terletak di lereng Bukit Boko, sekitar 3 kilometer sebelah timur laut dari kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Indonesia.

Tepatnya  berada di Desa Dawung dan Desa Sambirejo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini dipenuhi dengan sejarah yang kaya, keindahan arsitektur, serta legenda-legenda yang melingkupinya. 

Dalam artikel ini radarlampung.co.id akan membahas legenda Kraton Ratu Boko, serta pesona dan misteri yang terkait dengannya.

Sejarah Kraton Ratu Boko, Kraton Ratu Boko diyakini telah dibangun pada abad ke-8 Masehi, pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Bangunan ini dianggap sebagai istana keluarga kerajaan atau tempat peristirahatan raja.

BACA JUGA:Sepsifikasi Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi, Cocok untuk Anak-anak dan Orangtua

Meskipun disebut "Kraton Ratu Boko", belum ada bukti sejarah yang menunjukkan adanya seorang ratu yang benar-benar tinggal di sana. 

Nama "Ratu Boko" kemungkinan merupakan nama yang diberikan oleh penduduk setempat berdasarkan legenda yang berkembang seiring waktu.

Dilansir juga dari laman borobudurpark.com Ada legenda tentang Ratu Boko dan Bandung Bondowoso. 

Dalam satu versi, Ratu Boko adalah raksasa yang tinggal di istana di aula situs ini. Dia adalah raksasa yang suka makan manusia dan Bandung Bondowoso adalah ksatria yang membunuhnya. 

BACA JUGA:Rutan Kota Agung-BNNK Tanggamus Gelar Razia dan Tes Urine

Hubungan antara Legenda Ratu Boko yang terkenal dan situs Ratu Boko yang asli dipelajari oleh arkeolog Belanda N.J. Krom. 

Kraton Ratu Boko menawarkan pesona dan keindahan arsitektur yang unik. Kompleks istana ini terdiri dari serangkaian bangunan, termasuk gerbang masuk, aula, kolam, dan dua kompleks candi yang disebut Candi Pembakaran dan Candi Pendopo. 

Ciri khas arsitektur Hindu-Buddha terlihat jelas dalam desain dan ornamennya. Selain itu, pemandangan indah dari Kraton Ratu Boko menjadikannya tempat yang populer bagi wisatawan dan fotografer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: