Tidak Perbaiki Berkas, Ratusan Bacaleg Tulang Bawang Gagal Jadi Anggota DPRD

Tidak Perbaiki Berkas, Ratusan Bacaleg Tulang Bawang Gagal Jadi Anggota DPRD

Ilustrasi kpu--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seratusan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Tulang Bawang tidak melakukan perbaikan berkas pencalonan, Selasa 11 Juli 2023.

Akibat tidak memperbaiki berkas pencalonannya, seratusan bacaleg Tulang Bawang tersebut gagal mengikuti kontestasi Pemilu 2024 dan dipastikan gagal menjadi anggota DPRD setempat.

Seratusan bacaleg yang tidak memperbaiki berkas berasal dari 4 partai politik: Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Dari empat partai politik tersebut, total ada 122 bacaleg yang tidak memperbaiki berkas pencalonan dan otomatis langsung gagal menjadi anggota DPRD Tulang Bawang. 

BACA JUGA:Viral! Ada Sinagoge di Pondok Pesantren Al Zaytun Dengan Bintang Daud Simbol Yahudi

Masa perbaikan berkas bacaleg sendiri ditutup oleh KPU Tulang Bawang pada hari Minggu, 9 Juli 2023.

Hasilnya, masing-masing 40 nama bacaleg dari PBB dan PSI otomatis gugur karena tidak melakukan perbaikan.

Sementara itu, 37 nama bacaleg dari Partai Hanura dan 5 bacaleg dari PKN juga turut gugur karena tidak melakukan perbaikan berkas.

"Parpol yang tidak melakukan perbaikan sama sekali berkas persyaratan bacaleg DPRD Tulang Bawang pada Pemilu 2024 ada 4: Hanura, PBB, PSI, dan PKN," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tulang Bawang Edi Mustofa. 

BACA JUGA:Update Daftar Kapolres di Lampung, Salah Satunya Polisi Wanita Mantan Kabagops Satbrimob

Berdasarkan hasil tidak melakukannya perbaikan 4 Parpol tersebut, di Tulang Bawang kini total ada 5 partai yang tidak mengikuti kontestasi Pemilu 2024: Hanura, PBB, PSI, dan PKN serta Garuda.

Nama parpol terakhir sendiri sejak awal memang tidak mendaftarkan sama sekali bacaleg ke KPU Tulang Bawang.

"Iya, 122 bacaleg dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) karena tidak melakukan perbaikan berkas. Total ada 5 parpol yang tidak mengikuti Pemilu 2024 di Tulang Bawang," terangnya.

Pada bagian lain, sebanyak dua parpol kembali menyerahkan berkas perbaikan. Akan tetapi kurang dari jumlah semula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: