Tak Perlu Pakai Racun, Ini Tanaman Penangkal Tikus di Rumah

Tak Perlu Pakai Racun, Ini Tanaman Penangkal Tikus di Rumah

Tikus merupakan hewan yang tidak disukai oleh banyak orang. Karena hewan yang satu ini dapat membuat rusak barang-barang yang ada dirumah dan juga membuat kotor. Foto Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tikus merupakan hewan yang tidak disukai oleh banyak orang. Karena hewan yang satu ini dapat membuat rusak barang-barang yang ada dirumah dan juga membuat kotor.

Selain itu juga Tikus juga dapat menjadi hewan yang suka menyebarkan penyakit.

Selain dengan racun ternyata banyak cara untuk mengusir Tikus dari rumah.
Salah satunya dengan menjaga kebersihan dan menutup akses Tikus menjadi cara paling mudah dan ampuh.

Tetapi, Tikus cukup cerdas untuk mencari celah agar bisa masuk rumah. Kalau sudah begitu, apa solusi yang lain.

BACA JUGA:BPBD dan Dinas PUPR Tanggamus, Kembali Rencanakan Bangun Jalan Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan yang Longsor

Kamu tak perlu khawatir, ada alternatif lain untuk menjauhkan tikus dari rumah. Anda bisa menggunakan tanaman pengusir tikus. Tikus tak menyukai bau-bauan yang kuat dan menyengat.

Dilansir dan dirangkum dari banyak sumber  Berikut ini adalah jenis tanaman yang dapat mengusir tikus dari rumah. Silahkan disimak.

1. Yang pertama yaitu tanaman mint sebab Tanamaan ini mudah tumbuh dan dibudidayakan. Karena tanaman ini bisa membantu mengusir tikus dan hama lainnya.

Selain itu juga ada banyak varietas mint yang berbeda, dan semuanya memiliki daun aromatik yang dapat mencegah serangga dan tikus. Seperti kebanyakan tanaman herbal lain.

BACA JUGA:Pantai Sukaraja Viral, Pemkot Bandar Lampung Harus Evaluasi Pengelolaan Sampah

2. Yang kedua adalah lavender, yang dapat ditanam sebagai tanaman pendamping untuk mengusir sejumlah hama kebun, seperti ngengat dan kutu. Kebanyakan orang tidak membutuhkan alasan untuk menanam lavender.

Antara aroma yang indah dan bunga-bunga ungu yang cantik lavender cocok menjadi penghias halaman rumah.

Kamu bisa membiarkannya tumbuh dan menciptakan penghalang tikus.

3. Kemudian selanjutnya yaitu Bau yang dikeluarkan pada bawang merah dan bawang putih juga tak disukai oleh tikus. Sebab Bawang putih dan bawang merah ditanam dari umbi dan membutuhkan ruang dengan sinar matahari penuh dan tanah yang kering.

BACA JUGA:Viral! Ada Sinagoge di Pondok Pesantren Al Zaytun Dengan Bintang Daud Simbol Yahudi

Anda bisa menanam umbi bawang merah dan bawang putih di halaman rumah untuk menangkal tikus sekaligus memanennya untuk bahan dapur.

Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai pengusir tikus tanpa benar-benar menanamnya jika mau. Anda bisa menaruh bawang merah dan bawang putih di sekitar rumah atau membuat cairan bawang.

4. Yang ke empat yaitu Bintaro yaitu tumbuhan pantai atau paya berupa pohon dengan ketinggian dapat mencapai 10m.

Tanaman ini dikenal dapat bisa menangkal tikus karena kandungan racun dalam buahnya.

BACA JUGA:Kisah Nabi Musa yang Berjuang Melawan Ahli Sihir Raja Fir’aun

Tikus cenderung takut dan menghindari buah ini karena bintaro mengandung racun yang aromanya hanya tercium oleh tikus. Anda dapat meletakkan buah bintaro di beberapa sudut rumah.

Nah itu dia beberapa Tanaman yang bisa mengusir tikus dari rumah selain dari racun tikus, selain membuat pekarangan menjadi indah tanaman tanaman yang disebutkan diatas tadi bisa menjadi penangkal tikus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: