Iklan Bos Aca Header Detail

Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Kamu Jumpai di Lingkungan Rumah

Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Kamu Jumpai di Lingkungan Rumah

Buah Jambu biji yang kaya akan manfaatnya. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Banyak makan-makanan yang mengandung lemak jahat, mulai dari gorengan hingga daging merah bisa menimbulkan kolesterol.

Biasanya makanan-makanan ini sangat sulit kita hindari karena berhadapan langsung setiap harinya tanpa bisa terkontrol jumlahnya.

Makanan seperti gorengan, kuning telur, ataupun daging masih bisa dikonsumsi namun dalam kadar atau batas wajar saja.

Selain itu diimbangi dengan menjaga pola hidup sehat seperti melakukan olah raga sehingga lemak jahat terbakar dan bisa terhindar dari kolesterol.

BACA JUGA:Sosialisasi Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Sekkab Tanggamus Ingatkan Pedoman Pengisian SPBE

Namun bagi orang yang sudah terkena kolesterol kebanyakan mencari cara supaya lemak jahat hilang di dalam tubuh, mulai dari mengkonsumsi sayuran dengan mañfaat mengurangi kolesterol hingga meminum obat dari dokter.

Nah, Radarlampung.co.id mempunyai referensi selain dua hal di atas, di mana kolesterol bisa dikurangi hingga hilang dengan mengkonsumsi rutin buah-buahan.

Ya, buah-buahan ini dipercaya dapat  mengurangi resiko kolesterol yang ada dalam tubuh, berikut beberapa buah penurun kadar kolesterol dikutip dari berbagai sumber laman kesehatan.

1. Strawberry

Buah dari golongan berry-berryan bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin.

BACA JUGA:Spesifikasi Laptop Lenovo Flex 14 2 in 1 Touch Multifungsi yang Bisa Dijadikan Tablet

Pada Strawberry terdapat senyawa fenolik yang dapat membantu melindungi diri dari penyakit kardiovaskular, dengan cara menghambat pembentukan kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Apel

Buah yang cukup mudah dijumpai ini, ada baiknya disediakan terus didalam rumah kalian. 

Ya, Apel sendiri memiliki kandungan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Belum lagi, Apel juga dapat mendetoks tubuh secara  alami dalam menjaga kesehatan jantung bila dikonsumsi secara rutin

3. Alpukat

Buat bertekstur lembut ini juga bisa disebut cukup banyak penggemarnya, maka tak salah jika setiap restoran atau rumah makan menyidiakan jus alpukat sebagai minuman pendamping makan.

Ya, di dalam alpukat sendiri terdapat Kandungan vitamin B kompleks, vitamin K, dan mineral dalam alpukat efektif dalam mengurangi kolesterol jahat yang menumpuk dalam saluran darah dan pencernaan.

BACA JUGA:Kumpulan Teka-teki MPLS 2023, Mulai dari Makanan Hingga Minuman Lengkap Dengan Jawaban

4. Jeruk

Buah jeruk biasa banyak dijumpai pada setiap jamuan makan, utama saat mengadakan acara seperti penikahan dan lainnya sebab buah ini sering digunakan sebagai pencuci mulut.

Ternyata, bukan hanya sekedar pencuci mulut belaka. Rupaya buah jeruk juga dapat menurunkan kandar kolesterol dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi jeruk dapat memperkecil resiko penyakit jantung, bahkan jika kamu yang tak suda makan utuh bisa diolah menjadi es jeruk dan dikonsumsi setiap harinya.

5. Anggur

Fungsi buah anggur yang selain enak juga mengandung polifenol, yaitu senyawa yang memberikan warna cerah pada buah tersebut.

Antioksidan polifenol dalam anggur ini, dapat melindungi tubuh dari penyakit dan kerusakan akibat faktor lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas. 

Anggur juga dapat mengatur tekanan darah dan kolesterol, mengurangi inflamasi, memperbaiki aliran darah, serta melindungi sistem vaskular tubuh.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Rekomendasi Kucing Berbulu Panjang yang Indah dan Menawan

6. Jambu Biji

Buah Tropis yang banyak dijumpai di Indonesia ini, juga dapat menjaga keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh.

Pada jmbu biji juga dapat mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi.

Buah ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatan risiko penyakit jantung.

Maka dari itu, mengkonsumsi jambu biji secara teratur juga dapat menjaga kesehatan jantung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: