Mabes Polri Penelitian dan Supervisi di Tulang Bawang, Ini Fokusnya

Mabes Polri Penelitian dan Supervisi di Tulang Bawang, Ini Fokusnya

Tim Mabes Polri melakukan penelitian dan supervisi di Tulang Bawang-Humas Polres Tulang Bawang-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Mabes Polri melakukan penelitian dan supervisi di Kabupaten Tulang Bawang

Penelitian dan supervisi yang dilakukan Tim Mabes Polri tersebut untuk mengetahui efektivitas penerapan konsep hukum pidana baru dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHPidana. 

Tim Mabes Polri melalui STIK Lemdiklat melakukan penelitian dan supervisi di Polres Tulang Bawang, dan dihadiri juga oleh perwakilan Polres Tulang Bawang Barat dan Mesuji. 

Ketua Tim STIK Lemdiklat Polri Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, mereka datang untuk melakukan penelitian dan supervisi terkait Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHPidana.

BACA JUGA:Kenali Sejarah Candi Borobudur dan Beberapa Faktanya, Punya 2500 Panel Relief dan 500 Patung Buddha

"KUHPidana yang baru ini sangat berbeda dengan KUHPidana yang lama, karena banyak aturan-aturan yang sebelumnya tidak ada, di KUHPidana terbaru ini ada," kata Kombes Pol Dicky.

Dia mencontohkan, dalam KUHPidana terbaru, jika korban dalam keadaan terpaksa melakukan tindak pidana maka akan dibebaskan atau tidak terkena pidana. 

Dijelaskannya, KUHPidana terbaru akan mulai diberlakukan pada Tahun 2026.

Untuk itu, kata Kombes Pol Dicky, para personel Polri sebagai aparat penegak hukum (APH) harus siap.

BACA JUGA:Ingin Berkunjung ke Candi Borobudur, Kenali Dulu 6 Destinasi Wisata dan Jadwal Buka Tutupnya

"Saat KUHPidana terbaru ini diberlakukan, kita sebagai APH tidak boleh ragu-ragu lagi, tapi kita juga harus tetap menghormati hukum adat. Untuk itu kita wajib memiliki dan mempelajari KUHPidana terbaru ini dengan seksama," papar perwira dengan melati tiga di pundaknya.

Sementara itu, Kapolres Tulang Bawang AKBP Jibrael Bata Awi mengucapkan selamat datang, sekaligus meminta bimbingan dan arahan demi kemajuan institusi Polri, khususnya Polres Tulang Bawang. 

"Jadikan kegiatan ini sebagai pembelajaran penting bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan, sehingga nantinya bisa di implementasikan dalam tugas kita semua," pesan Kapolres kepada para peserta.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan focus group discussion (FGD) yang dilakukan secara terpisah antara responden internal serta eksternal Polri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: