Wajah Baru Mendominasi Kades Terpilih, Ini Daftar Kades Perolehan Suara Terbanyak

Wajah Baru Mendominasi Kades Terpilih, Ini Daftar Kades Perolehan Suara Terbanyak

Asisten 3 Seddakab Lampura, Sofian saat menyaksikan Deklarasi Damai kepala desa--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2023 yang diikuti sebanyak 91 Desa berada di 22 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara (Lampura), telah berjalan lancar aman dan kondusif.

Sementara, dari 91 desa yang mengikuti pesta demokrasi pilkades serentak muncul wajah baru yang mendominasi sebagai kepala desa terpilih di masing-masing wilayahnya.

Berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 31 kepala desa Incumbent terpilih kembali, sedangkan 60 kades terpilih merupakan wajah baru yang siap memenuhi komitmennya pada pencalonan sebagai kepala desa.

Ketua panitia Pilkades serentak Kabupaten Lampura, Mankodri menjelaskan dari 91 desa terdapat satu desa di Kecamatan Sungkai Barat, yakni Desa Gunung Maknibai Kamis malam (13/7/2023) hingga pukul 23.00 Wib lalu masih dalam proses. 

BACA JUGA:Kabur ke Luar Kota, Tersangka Cabul Ini Diringkus TEKAB 308 Polres Lampura

Hal ini terang dia, disebabkan karena terdapat selisih antara surat suara dengan undangan pemilihan. Sehingga, tertunda hasil perolehan suaranya.

Kendati demikian, secepatnya pihak panitia baik Kabupaten, Kecamatan dan desa segera akan menyelesaikannya sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Malam tadi, masih melakukan penghitungan ulang. Sementara data yang telah masuk 90 desa, Satu desa masih menunggu penyelesaiannya," kata Mankodri, Jumat 14 Juli 2023.

Pilkades serentak ini, kata dia, berjalan aman dan kondusif. Sehingga, tidak terjadi bergejolak yang mencolok, baik pada saat sebelum pencoblosan maupun penghitungan suara.

BACA JUGA:91 Desa Serentak Memilih Kades

"Alhamdulillah, berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Semua tidak terlepas dari peran serta masyarakat, dan aparat pengamanan dalam hal ini TNI/Polri," kata Mankodri yang juga menjabat sebagai Asisten 1 Seddakab Lampura.

Sementara, Kapolres Lampura, AKBP Kurniawan Ismail, menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat baik menjelang Pilkades maupun telah usainya pesta demokrasi tersebut.

Pihaknya, meyakini masyarakat Kabupaten Lampura, telah cukup dewasa untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Untuk saya mengapresiasi masyarakat Lampura, yang telah menjaga kondusifitas pesta demokrasi serentak di 91 desa Se-Lampura ini. Alhamdulillah, semunya berjalan lancar aman dan kondusif," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: