Pemprov Lampung Rencanakan Pengolahan Sampah Dengan Teknologi Terkini

Pemprov Lampung Rencanakan Pengolahan Sampah Dengan Teknologi Terkini

Viralnya persoalan sampah di Bandar Lampung harus menjadi pemerintah setempat. Terutama sampah di kawasan pesisir. FOTO ISTIMEWA --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah siapkan rencana tata ruang dan sebagainya terkait pengelolaan sampah di Provinsi Lampung.

Dimana, persoalan sampah di Lampung sempat ramai menjadi perhatian beberapa hari kebelakang setelah Pandawara Group yang merupakan sekelompok pemuda peduli lingkungan melakukan aksi bersih sampah di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung, Kusnardi mengatakan, pihaknya telah memilik perencanaan tata ruang pengolahan sampah di Lampung.

Salah satu dari perencanaan tata ruang ini terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional yang direncanakan berada di Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

BACA JUGA:Nyali Jaksa di Kasus Dugaan Korupsi DPRD Tanggamus

Namun saat ini rencana pembangunan TPA regional yang berada di Natar, Lampung Selatan diwarnai adanya penolakan dari para kepala desa di Lampung Selatan.

"Kita kan sudah ada rencana tata ruang dan sebagainya, pasti pemilihan lokasi TPA regional sudah diperhitungkan," ujar Kusnardi kepara Radar Lampung.

Sebab, kata Kusnardi dalam pengelolaan sampah di TPA regional tidak akan dilakukan sembarangan. Namun, akan di kaji baik itu AMDAL dan lainnya.

"Nanti kan buang sampah tidak hanya sekadar buang sampah, pasti ada pengelolaan limbahnya seperti apa dan sebagainya," ungkapnya.

BACA JUGA:MKKS Kabupaten Way Kanan: Selamat Ulang Tahun ke-8 Radar Lampung Online

Lanjut Kusnardi, pembangunan TPA regional diperlukan agar pengelolaan sampah dapat dilakukan secara maksimal. Dengan teknologi terkini.

Pemprov Lampung, menurut Kusnardi kedepan ingin sampah penilai ekonomis, sehingga pengelolaannya dilakukan dengan teknologi modern.

"Kita buat yang tidak seperti pengelolaan sampah tradisional. Dimana hanya dibuang dan selesainya di tinggalin. Tapi, kita terus perbaiki teknologi, terus berkembang. Mudah-mudahan ini bisa diperbaiki dalam pengelolaan limbah," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan, pembangunan TPA regional masih dibahas oleh Pemprov Lampung, termasuk penetapan lokasi dibangunnya TPA regional tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: