Para Petani di Kabupaten Pringsewu Dapat Ilmu dari BPSIP, Ini Isinya

Para Petani di Kabupaten Pringsewu Dapat Ilmu dari BPSIP, Ini Isinya

ara petani di kabupaten Pringsewu mendapat tambahan ilmu dari kementrian pertanian melalui Balai besar penerapan standar instrumen pertanian (BPSIP). Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Para petani di kabupaten Pringsewu mendapat tambahan ilmu dari kementrian pertanian melalui Balai besar penerapan standar instrumen pertanian (BPSIP).

Selain bimbingan  teknis komoditas pertanian di  Lampung, tersebit dalam kegiatan  di balai pekon Jogjakarta kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu itu juga dilakukan penyerahan alat mesin pertanian Selasa 25 Juli 2023.

Hadir Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Kepala Balai besar penerapan standar instrumen pertanian Dr. Ir. Syamsudin, kepala BPSIP Lampung Rahman J, pj bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakili kadis pertanian Siti Litawati. Saat penyerahan bantuan alsintan.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengimbau para kelompok tani (Poktan) penerima bantuan alat pertanian (Alsintan) untuk dapat menjaga dan merawat dengan baik. 

"Kalau sekarang kelompok tani sebelum diberikan bantuan harus mengikuti acara bimbtek seperti  ini. Karena, Bantuan alat diberikan kepada ketua kelompok tani yang memegang tanggungjawab dalam menjaga perawatan bantuan alat untuk dapat mempergunakannya sebaik mungkin," pesan Sudin.

Adapun bantuan alsintan yang diserahkan  Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin berupa 6 Hand traktor dan 2 cultivaktor kepada para kelompok tani yang ada di kabupaten Pringsewu. "Bantuan alat mesin pertanian bukan milik pribadi ketua kelompok namun milik bersama para kelompok tani. Jangan asal-asalan dalam penggunaannya, setelah dipakai langsung dibersihkan, gunakanlah secara maksimal," harapnya. 

Pada kesempatan tersebut mewakili Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Siti Litawati   berharap agar kegiatan bimtek ini dapat memperkaya ilmu dan meningkatkan keahlian para Petani di Kabupaten Pringsewu, khususnya dalam bidang perbenihan serta teknik pembuatan pupuk yang baik pada komoditas tanaman pangan di Kabupaten  Pringsewu. 

"Semoga dengan mendorong penggunaan benih unggul dan bermutu melalui Desa Mandiri Benih Padi para Petani Kabupaten Pringsewu akan semakin maju dan meningkatkan produksi dan produktifitas panen, meningkatkan mutu hasil dan sebagai sarana pengendali hama dan penyakit tanaman," ungkapnya.

"Insha Allah tentunya akan mendukung swasembada pangan di Kabupaten Pringsewu ini pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya," tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: