Unila Jalin Kerjasama Dengan Kemenhub, Bahas Soal Terminal Rajabasa Jadi Laboratorium Pendidikan

Unila Jalin Kerjasama Dengan Kemenhub, Bahas Soal Terminal Rajabasa Jadi Laboratorium Pendidikan

-Foto Unila-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) menjalin kerjasama dengan Direktorat Prasarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Hal ini guna membahas soal fungsi Terminal Rajabasa.

Dalam pembahasan yang digelar di ruang sidang senat lantai dua rektorat pada Kamis, 3 Agustus 2023 ini turut dihadiri langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng. Dan jajaran serta Plt. Dirjen Sarpras Kemenhub Susanty Pertiwi bersama rombongan Kemenhub.

Pertemuan ini sendiri dalam rangka integrasi pengelolaan aset Terminal Rajabasa. Menurut Prof Lusmeilia, dalam memanfaatkan Terminal Rajabasa.

Unila berupaya menjadikan terminal Rajabasa sebagai salah satu laboratorium perguruan tinggi untuk mengembangkan konsep terminal yang lebih modern.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Korupsi, Anggota DPRD Tanggamus Lampung Ditahan, Bak Peribahasa Mulutmu Harimaumu

Karenanya diharapkan dengan kolaborasi dan kerjasama ini dapat meningkatkan fungsi Terminal Rajabasa kedepannya. Sehigga terminal Rajabasa juga bisa dimanfaatkan berbagai kegiatan.

"Seperti perkuliahan, bisa juga laboratorium transportasi untuk program diploma tiga atau vokasi. Selain itu, aktivitas mahasiswa seperti UMKM juga akan dipromosikan melalui pentas seni untuk masyarakat umum," ungkapnya.

Dengan pertemuan ini kedepannya diharapkan Kemenhub dapat menyetujui penggunaan Terminal Rajabasa sebagai laboratorium.

"Jika nantinya disetujui maka selanjutnya akan dilakukan perjanjian kerja sama. Hal ini diharapkan bisa berjalan karena hal serupa juga telah berhasil di dua tempat lain di Indonesia," katanya.

BACA JUGA:Tummy Time Baik Untuk Bayi, Ini Manfaat Hingga Cara Melakukannya

"Unila juga ingin kedepannya fungsi dari Terminal Rajabasa bisa di manfaatkan masyarakat yang sebagian di Bandarlampung, dan khususnya di sekitar terminal," tambahnya.

Sementara Plt. Dirjen Sarpras Kemenhub Susanty Pertiwi, mengatakan Kemenhub menyambut baik inisiatif Unila, serta Kemenhub juga mendukung peningkatan fungsi maksimal untuk terminal Rajabasa ini.

Nantinya skema penggunaan Terminal Rajabasa akan disusun, sehingga dapat dimanfaatkan dan dapat difungsikan sebagai laboratorium perguruan tinggi.

"Nantinya diharapkan program ini menjadi pilot projects kedepannya untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung," kata Susanty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: