Masuk Jalur Prestasi Khusus di Unila, Tapi Masih Dikenakan Biaya Tinggi

Masuk Jalur Prestasi Khusus di Unila, Tapi Masih Dikenakan Biaya Tinggi

Universitas Lampung. FOTO TANGKAPAN LAYAR/YOUTUBE OFFICIAL BAK UNILA--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Zebua Trizga Ramadhona salah satu mahasiswa yang diterima di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lampung (Unila) melalui jalur prestasi khusus mengeluhkan usai ia diharuskan membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Rp20 juta diluar uang kuliah tunggal (UKT).

Hal ini membuat dia merasa kecewa, sebab Zebua yang diterima di tiga universitas negeri itu memang sengaja memilih Unila. Sayangnya ia diminta membayarkan IPI sebesar Rp20 juta.

"Saya kaget karena tahun lalu jalur ini nggak ada IPI. Tapi tahun ini tiba-tiba diminta membayarkan. Kemudian di Universitas lainnya itu IPI nya nggak ditentukan, namun ditanya kemampuannya, saya sungguh kecewa," beber Zebua, Jumat 4 Agustus 2023.

Dia kecewa pasalnya sudah mendaftar melalui jalur prestasi khusus dengan segudang prestasi.

BACA JUGA:Akhirnya Minta Maaf, Yuk Simak Juga Profil Rocky Gerung Beserta Prestasi dan Kontribusinya di Dunia Demokrasi

Sebut saja ia pernah menjuarai tingkat internasional penulis terbaik tingkat Asean penulis antologi cipta puisi Indonesia Argentina. Tingkat nasional juara baca puisi di universitas, termasuk di Lampung.

Zebua menyebut telah mengajukan keringanan ke pihak Unila namun tak kunjung di respon.

Ia dan rekan-rekan yang diterima di jalur yang sama di Unila kini berharap keringanan dapat diberikan.

"Kalau memang universitas besar dan ingin maju setidaknya tanyakan komitmen kita di jalur prestasi. Kami ingin diberikan keringanan, kita bisa menyicil dengan ekonomi kita, tapi kita juga sudah bayar UKT. mau kita UKT tapi kalau ada IPI kita minta tanyakan mampunya kita dahulu," lanjutnya.

BACA JUGA:Tercatat 2 Kasus Kebakaran Lahan Selama Tahun 2023 di Mesuji Lampung

"Karena saya  juga ada kemauan untuk meningkatkan prestasi dan memajukan Unila dan Lampung. Tapi kenapa saya di Lampung seperti tidak dihargai," katanya.

Mengenai pembayaran IPI pada jalur prestasi khusus, Humas PMB Unila, Fitra Dharma mengatakan memang untuk jalur mahasiswa yang masuk melalui ujian mandiri (UM) Unila memiliki kewajiban pembayaran IPI. Jalur prestasi khusus termasuk jalur mandiri.

"Ya memang  aturannya begitu, semua ujian mandiri itu tahun ini ada IPI nya. Untuk jalur prestasi khusus masuk (ujian) mandiri, sehingga ada kewajiban IPI nya juga," katanya.

Hal ini memang baru, karena pada tahun sebelumnya mahasiswa yang masuk melalui jalur prestasi khusus ini tidak dikenakan IPI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: