Wah, Ada Dana KUR Rp 5 Miliar Disiapkan Pemprov Lampung, Cek Segera Alokasi dan Sasaran Penerima

Wah, Ada Dana KUR Rp 5 Miliar Disiapkan Pemprov Lampung, Cek Segera Alokasi dan Sasaran Penerima

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.-Sumber Foto: Biro Adpim Pemprov Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pasca terima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan optimalkan pemanfaatan dan penyaluran KUR

Plh. Kepala Dinas Kominfotik Lampung Achmad Saefullah mengatakan, pengoptimalan pemanfaatan dan penyaluran KUR dilakukan dengan terus melakukan langkah-langkah proaktif dalam memfasilitasi KUR bagi masyarakat. 

Salah satunya, kata Achmad Saefullah, melalui perluasan ruang lingkup penerima manfaat KUR yang tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Tetapi peruntukannya dapat juga diarahkan untuk pelaku ekonomi di sektor-sektor produktif seperti petani, peternak, pekebun, dan nelayan sehingga tidak ada lagi kendala permodalan dalam pengembangan usaha. 

BACA JUGA:Awas Produk Kosmetik Palsu! Cek Produk di BPOM

Pemprov Lampung, disampaikan Achmad Saefullah sudah menyiapkan KUR Rp 5 miliar yang diberikan untuk pengembangan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi kelompok pertanian.

"Ini akan dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan produksi sehingga Lampung bisa mempertahankan sebagai provinsi lumbung pangan yang berkelanjutan," ujar Achmad Saefullah melalui keterangan tertulis yang diterima Radarlampung.co.id, Kamis 10 Agustus 2023.

Dana KUR alsintan ini, lanjut Achmad Saefullah, juga disalurkan guna menghadapi dampak dari ancaman el nino yang diprediksi oleh BMKG akan terjadi tahun ini.

Adapun besaran bunga KUR untuk Alsintan kelompok tani dengan skema khusus, yaitu 6 persen tanpa agunan tambahan. 

BACA JUGA:Atasi Rambut Rontok dengan Cara Ini, Salah Satunya Memilih Shampo yang Tepat

Skema khusus tersebut menurutnya, menjadi bagian dari KUR klaster yang akan dimaksimalkan oleh Pemprov Lampung. 

"Dalam penyalurannya, tentu diperlukan sinergitas dan koordinasi yang baik antar Pemprov Lampung dan seluruh pemangku kepentingan, khususnya perbankan selaku penyalur KUR," ungkapnya.

Lebih lanjut, Achmad Saefullah mengungkapkan, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung realisasi penyaluran KUR tahun 2022 di Provinsi Lampung tercatat sebesar Rp 11,46 triliun dari target Rp 10,9 triliun.

Hal itu berarti realisasi penyaluran KUR mencapai 105,11 persen dari target dengan total akumulasi Debitur 2.334.633 meningkat 271.144 (13,1 persen) dari tahun 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: