ITERA Targetkan Masuk 10 Besar UI GreenMetric Pada Tahun Depan

ITERA Targetkan Masuk 10 Besar UI GreenMetric Pada Tahun Depan

--rima

RADARLAMPUNG.CO.ID - Institute Teknologi Sumatera (ITERA) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Lokakarya Nasional UI GreenMetric pada 9 hingga 10 Agustus 2023 yang digelar di Gedung Kuliah Umum ITERA.

Dalam kesempatan ini, Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha membeberkan target kampusnya dalam mendongkrak rangking berdasarkan penilaian UI GreenMetric.

Seperti diketahui, berdasarkan data UI GreenMetric pada penilaian 2022 ITERA berada di posisi rangking 15 dari total 126 perguruan tinggi yang tergabung dalam UI GreenMetric.

Karenanya Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menargetkan peningkatan rangking pada penilaian tahun kedepan.

BACA JUGA:Inspektorat Periksa Empat ASN Terkait Penganiayaan di BKD Lampung

"Saat ini memang kita masih dibawah 10 besar ya, tapi kita targetkan bisa masuk 10 besar untuk tahun depan," kata Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha di Gedung Kuliah Umum, ITERA, Kamis 10 Agustus 2023.

Apalago ITERA juga sudah sangat konsern dalam penerapan kampus yang mengedepankan aspek keberlanjutan dalam pengelolaan lingkungan di ITERA.

Hal ini juga bagian dari ITERA berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Program.Pembangunan berkelanjutan secara umum dan pembangunan kampus berkelanjutan secara khusus dengan dukungan dari UI GreenMetric dan jaringannya di seluruh dunia.

Dalam sambutannya Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan ITERA terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar mampu menjadi etalase perkembangan teknologi di Sumatera dan Indonesia. 

BACA JUGA:Buntut Dugaan Penganiayaan Sesama Alumni IPDN, DRZ Dicopot Dari Jabatan Kabid Pada BKD Lampung

Salah satunya membangun kampus dengan laboratorium PLTS menjadi salah satu terbesar di Indonesia, menjaga rasio ideal antara ruang terbuka hijau dan lahan terbangun, penyediaan sarana transportasi massal dengan BRT, pengelolaan air limbah dan limbah padat, serta konservasi air hingga flora.

"Adapula Integrated Waste And Agro Center atau dikenal dengan IWACI. Ini menjadi merupakan pusat inovasi yang mengemban amanah pengelolaan limbah dan terintegrasi dengan agrikultur di ITERA. Dalam pelaksanaanya ITERA mengedepankan aspek keberlanjutan dilaksanakan dari hulu ke hilir dengan semangat kolaborasi di lingkungan ITERA," katanya.

Program biokonversi limbah padat organik, pengolahan thermal, pemanfaatan sampah anorganik, penerapan teknologi biogas, produksi pupuk cair dan pakan ternak mandiri menjadi program unggulan IWACI demi mendukung pengelolaan lingkungan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Selain itu, Pusat Riset dan Inovasi yang dibentuk di ITERA turut menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di Sumatera sekaligus menjawab kebutuhan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan terhadap SDM berkualitas sebagai bonus demografi penduduk yang dimiliki Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: