Arinal Optimis, Ke Depan Provinsi Lampung Tidak Perlu Impor Kelengkeng

Arinal Optimis, Ke Depan Provinsi Lampung Tidak Perlu Impor Kelengkeng

Pemerintah Provinsi Lampung optimis ke depan Kabupaten Lampung Timur akan menjadi sentra penghasil kelengkeng. Foto Dwi/radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Lampung optimis ke depan Kabupaten Lampung Timur akan menjadi sentra penghasil kelengkeng.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Junaidi saat menggelar kunjungan kerja dan panen raya kelengkeng di Desa Gedung Dalam Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lamtim, Selasa 22 Agustus 2023.

Menurutnya, Lamtim memiliki potensi besar dalam pengembangan tanaman kelengkeng.  "Terbukti, budidaya tanaman kelengkeng di Desa Gedung Dalam ini mampu meninhkatkan pendapatan petani,"jelas Arinal dan jajaran didampingi Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo.

BACA JUGA:HUT RI ke 78, BRI Salurkan Beasiswa untuk 1800 Anak Berprestasi di Desa BRILiaN

Dilanjutkan, guna mendukung pengembangan kelengkeng di Kabupaten Lamtim, maka Pemerintah Provinsi Lampung siap memberikan bantuan pembinaan dan mempermudah mendapatkan bantuan permodalan.

"Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga harus membantu pengembangan kelengkeng," kata Arinal.

Lebih lanjut Arinal menyatakan, dengan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Timur.  Ke depan Provinsi Lampung tidak perlu lagi mengimpor kelengkeng dari luar daerah.

BACA JUGA:Warning! Dua Kecamatan Ini Berpotensi Terdampak Kemarau Ekstrem

Ditambahkan, agar pengembangan tanaman kelengkeng terwujud. Arinal menghimbau para petani segera memanfaatkan kartu petani berjaya elektronik (e-KPB). "Dengan e-KPB maka para petani lebih mudah mendapatkan pembinaan dan sarana produksi,"pesan Arinal.

Kesempatan yang sama M.Dawam Rahardjo menyatakan, Pemerintah Kabupaten Lamtim siap mendukung pengembangan kelengkeng.  

"Sebagai langkah awal, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan memetakan daerah-daerah yang cocok untuk pengembangan kelengkeng,"jelas M.Dawan didampingi Kadis Ketahanan PanganTanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Indra Budiman Duki. 

BACA JUGA:Miliki Saldo DANA Rp 150 Ribu Gratis Langsung Masuk Ke Dompet Digital, Klik Link Kagetnya Hari Ini

Usai panen raya kelengkeng, Gubernur Lampung dan jajaran menyalurkan bantuan permodalan dan sarana produksi dan peralatan mesin pertanian kepada sejumlah kelompok tani Kabupaten Lamtim. Penyaluran bantuan itu dilaksanakan di Balai Desa Jojog Kecamatan Pekalongan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: