Pengabdian Kepada Masyarakat UTI Optimalkan Program Kemitraan Masyarakat DRTPM

 Pengabdian Kepada Masyarakat UTI Optimalkan Program Kemitraan Masyarakat DRTPM

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) berkolaborasi dengan Universitas Tulang Bawang mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh DRTPM dan dinaungi oleh LPPM UTI, beberapa waktu lalu.

Tim dari PKM ini adalah Debby Alita, M.Cs., Slamet Samsugi, M.Eng., Miki Suhadim S.Pt., M.Si,.

Selain dosen tim, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa aktif yakni Bagas Setiawan, Samuel Hutagalung, dan Anan Krisna.

Kegiatan PKM DRTPM ini dihadiri oleh Mitra PKM  Barner dan 7 karyawan BUF. 

Meliputi edukasi bagi pemilik dan karyawan Berkah Unggas Farm mengenai manajemen kandang ayam agar tidak terjadi lagi kerugian2 berikutnya.

Edukasi manajemen kandang ayam disampaikan oleh Rizka Romi Alfisyahrin S.Pt. 

Pembelajran manajemen kandang ayam yang disampaikan merupakan pemberian wawasan terhadap karyawan.

Yakni tentang bagaimana mengelola kandang dengan baik dengan memperhatikan hal-hal kecil yang bisa berakibat fatal.

"Karyawan diedukasikan bagaimana seseorang anak kandang dapat mengambil keputusan secara tepat pada saat pemilik peternakan tidak sedang berada dilokasi kandang," kata Rizal.

Edukasi manajemen kandang berupa mengecek ayam doc pada saat pertama kalli ayam masuk, perencanaan kandang mengecek kondisi kandang secara berkala, pengetahuan mengenai pakan dan nutrisi ayam, perawatan Kesehatan ayam serta manajemen produksi ayam. 

Selain dari edukasi yang diberikan, Tim Universitas Teknokrat Indonesia juga memberikan Teknologi IoT kepada Berkah Unggas Farm untuk dapat digunakan dalam mengatur suhu dan kelembaban kandang secara otomatis.

Hal itu dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses kapan dan di mana saja, melalui handphone dengan jaringan internet yang baik. 

UTI juga memberikan aplikasi pengelolaan kandang yang di dalamnya terdapat fitur catatan harian, pengelolaan data pakan, dan vitamin ayam serta prediksi panen ayam. 

Aplikasi tersebut dapat memudahkan pengelola kandang ayam dalam melakukan manajemen kandang ayam dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: