Ada 412 Balon Daftar Pilkades Serentak di Lampung Timur

Ada 412 Balon Daftar Pilkades Serentak di Lampung Timur

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 112 desa secara serentak pada 30 Oktober 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 112 desa secara serentak  pada 30 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, dari 112 desa yang akan menggelar Pilkades serentak tersebut, hingga saat ini tercatat 412 orang yang telah mendaftar sebagai bakal calon (Balon) kepala desa.

Dilanjutkan, dari 112 desa yang akan menggelar Pilkades tersebut, tercatat ada 4 desa yang pendaftarnya kurang dari 2 orang. Kemudian, yang pendaftarnya lebih dari 5 orang ada 13 desa.

Menurutnya, sesuai ketentuan jumlah pendaftar paling sedikit 2 orang dan paling banyak 5 orang.

BACA JUGA:Honda Berikan Promo Potongan Angsuran Hingga 4 Bulan

Karenanya, untuk desa yang pendaftarnya kurang dari 2 orang akan dilakukan pendaftaran tahap 2, pada 8 hingga 15 September 2023.

Kemudian, untuk desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari 5 orang akan dilanjutkan dengam tahap tes tertulis pada 22 September 2023.

Sedangkan, bagi desa yang jumlah pendaftarnya telah sesuai ketentuan, rencananya akan dilanjutkan dengan penetapan bakal calon menjadi calon pada 4 hingga 8 September 2023.

Lebih lanjut dijelaskan, dari 412 orang yang telah mendaftar tersebut 75 di antaranya merupakan incumbent. 

BACA JUGA:Siap-siap Ini Rekomendasi Drama Korea Tayang Bulan September

"Sebenarnya, ada 77 incumbent yang telah mengajukan cuti karena berniat mencalonkan diri. Namun, 2 di antaranya belum mendaftarkan diri," terang Yudi Irawan, Rabu 30 Agustus 2023.

Diberitakan sebelumnya, tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lampung Timur mulai berjalan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, rencananya Pilkades serentak akan digelar di 112 desa pada akhir Oktober 2023 mendatang.

Dilanjutkan, untuk pelaksanaan Pikades serentak tersebut saat ini memasuki tahap pembentukan panitia pemilihan dan pengawas pembantu yang dimulai sejak 3 hingga 14 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: