Tim Balai Pemdes Kawal Pilkades Serentak di Lampung Selatan, Ini Hasilnya

Tim Balai Pemdes Kawal Pilkades Serentak di Lampung Selatan, Ini Hasilnya

Kepala Balai Pemdes di Lampung Irsan tengah melakukan pemantuan. Tim Balai Pemdes Kawal Pilkades Serentak di Lampung Selatan, Ini Hasilnya--dok tim Pemdes di Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2023 di Kabupaten Lampung Selatan telah melibatkan 42 Desa dari 13 Kecamatan. 

Untuk memastikan kesuksesan dan terpilihnya pemimpin desa berkualitas, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, bersama Kapolres Lampung Selatan dan Kapolda Lampung, turut serta dalam pemantauan pelaksanaan Pilkades Serentak ini. 

Mereka juga melibatkan seluruh jajaran dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA:Tim Balai Pemerintahan Desa Lampung Identifikasi Kebutuhan Pelatihan bagi Aparatur Nagari Pesisir Selatan

Selain itu, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dari Kementerian Dalam Negeri juga turut serta dalam proses monitoring dan evaluasi. Dalam hal ini, mereka diwakili oleh Tim Balai Pemerintahan Desa di Lampung.

Pemantauan ini dimulai dari Kecamatan Tanjung Bintang, dengan Bupati Lampung Selatan, Kapolres Lampung Selatan, dan Kapolda Lampung yang bergerak secara mobile. 

Sementara Tim Balai Pemerintahan Desa di Lampung, yang dipimpin langsung Kepala Balai Irsan SH. M.Si. P.h.D, bersama Tim Pemantau dari Kabupaten Lampung Selatan yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Eka Riantinawatii, S.K.M., M.Kes, melakukan pemantauan di Kecamatan Kalianda.

BACA JUGA:Limit Pinjaman Akulaku Menurun, Simak Penyebab dan Cara Menaikkannya Kembali ke Semula

Pemilihan berlangsung dengan lancar dan dalam suasana kondusif. Panitia Pilkades telah melakukan tindakan khusus untuk memastikan bahwa semua pemilih, termasuk penyandang disabilitas, yang sedang sakit, atau yang tidak dapat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dapat berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan. 

Mereka melakukan pendekatan dengan mendatangi pemilih-pemilih tersebut, didampingi oleh saksi dari calon kepala desa dan petugas keamanan seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Sebagai contoh, di Desa Babulang, Kecamatan Kalianda, terdapat sekitar 1.015 peserta pemilih. Dari jumlah tersebut, ada 7 orang yang sedang sakit.

BACA JUGA:Modal Berbagi Tautan! Saldo DANA Rp 160 Ribu Siap Meluncur ke E-Wallet 

Panitia Pilkades kemudian menjemput pemilih-pemilih tersebut ke rumah mereka dan melakukan proses pemilihan dengan didampingi oleh saksi dari calon kepala desa serta petugas keamanan.

Proses pemilihan berakhir pada pukul 13.00 WIB, dan selanjutnya dilakukan penghitungan suara untuk menentukan jumlah suara yang masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: