18 Ekor Gajah Mengamuk, Rumah Warga di Suoh Lampung Barat Hancur

18 Ekor Gajah Mengamuk, Rumah Warga di Suoh Lampung Barat Hancur

Rumah milik Tumiran (61) warga Talang Gunung Merah, Pekon Tugu Ratu Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat, mengalami kerusakan parah akibat diserang oleh belasan gajah liar, pada Selasa, 5 September 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah milik Tumiran (61) warga Talang Gunung Merah, Pekon Tugu Ratu Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung mengalami kerusakan parah akibat diserang oleh belasan gajah liar, pada Selasa, 5 September 2023.

Beruntung, Tumiran bersam istri dan anaknya bisa menyelamatkan diri, saat mengetahui kawaman gajah mulai merusak bagian dapur hingga kamar di rumahnya.

Pembina Satgas Penanganan Konflik Gajah Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS), Sugeng Hari Kinaryo Adi menjelaskan, posisi rumah milik Tumiran berada di ujung permukiman dan berjarak sekitar 100 meter dari rumah lainnya.

Peristiwa itu, terjadi sekitar pukul 03.00 Wib. Saat itu, Mbah Tumiran bersama istri dan anaknya sedang tertidur lelap.

BACA JUGA: Sosok Polwan yang Menjadi Kepala Sepolwan, Kapolsek, Kapolres dan Kapolda Pertama

"Mengetahu kawanan gajah merusak rumahnya, Mbah Tumiran dan keluarga langsung berlarian ke rumah tetangga untuk menyelamatkan diri," ungkap Sugeng.

Saat ini, kata dia, Tumiran bersama keluarga mengungsi ke rumah anaknya di Pemangku Pungkalan, Pekon Tugu Ratu dan akan kembali lagi untuk memperbaiki rumahnya saat kondisi bemar-benar aman.

"Sekarang masih mengungsi, kalau sudah aman Mbah Tumiran dan keluarga akan kembali lagi ke rumahnya untuk memperbaiki dan kembali tinggal di rumah tersebut, namun kami tekankan agar kembali saat kondisi benar-benar sudah aman," kata Sugeng.

Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan, kawanam gajah yang berjumlah 18 ekor tersebut saat ini sudah mulai bergeser ke wilayah Pekon Sumber Agung.

BACA JUGA:Spesifikasi TV Samsung 85 in Neo QLED 8K QN900B, Hasilkan Warna yang Akurat

Dengan telah bergesernya lokasi kawanan gajah tersebut, maka perlu diwaspadai oleh masyarakat Pekon Sumber Agung.

"Kawanan gajah terpantau di daerah yang kami menyebutnya loba-lobi, masuk wilayah blok I Pekon Sumber Agung. Kami sudah berupaya untuk melakukan penghalauan dan penggiringan namun tidak membuahkan hasil, justru kawanan gajah tersebut berbalik arah," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: