Pj. Bupati Firsada Pimpin Apel Besar Peringati Hari Pramuka ke-62

Pj. Bupati Firsada Pimpin Apel Besar Peringati Hari Pramuka ke-62

Kegiatan ini merupakan rangkaian hari Pramuka Nasional ke-62 yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke 62 Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (TUBABA) Drs. M Firsada, selaku pembina upacara memimpin apel besar peringatan hari Pramuka ke-62 gerakan Pramuka Kabupaten TUBABA, yang berlangsung di Lapangan Tiyuh (Desa) Margo Dadi, Kecamatan Tulangbawang Udik, Selasa (12/09/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian hari Pramuka Nasional ke-62 yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke 62 Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Pj. Bupati Tubaba, Drs. M. Firsada, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Tubaba, menjelaskan, tema peringatan hari Pramuka tahun ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih profesional.   

"Wawasan Kebangsaan menjadi penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan rasa Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara,"ujarnya.

BACA JUGA:Dua Tahun Terbentuk, Holding Ultra Mikro Layani 36 Juta Debitur dan 162 Juta Nasabah Simpanan

Dia mengungkapkan, SDM yang ada di Gerakan Pramuka Kabupaten Tubaba khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih terbatas. Oleh karena itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus ditingkatkan.

Di samping itu, lanjut Firsada, Kwartir Cabang juga agar menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan-gugus depan Pramuka di manapun berada. 

"Kegiatan-kegiatan latihan di gugus depan agar terus dikembangkan serta terus meningkatkan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama," himbaunya.

"Kegiatan-kegiatan kepramukaan hendaknya dikemas menarik, inovatif, menyenangkan, serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi," tambah Pj Bupati Firsada.

BACA JUGA:Ratu Narkoba Terungkap dari Pendalaman 27 Tersangka

Selain itu, Firsada juga menjelaskan, guna meningkatkan kualitas dan jumlah Pembina Pramuka yang kompeten, pada 2023 Kwarcab Tubaba akan melaksanakan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML).

"Rencana kegiatan itu telah mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Tulang Bawang Barat, melalui sekolah dibawah naungan masing-masing," terangnya.

"Agar KMD dan KML berhasil guna dan berdaya guna, perencanaan agar dilakukan lebih awal. Pelaksanaan kegiatan agar dilakukan sesuai rencana, serta evaluasinya dilakukan pada saat dan setelah pelaksanaan kegiatan," imbuhnya.

Di kesempatan itu, Firsada berpesan, agar mensukseskan salah satu program Kwarnas gerakan Pramuka, yaitu peningkatan jumlah Pramuka Garuda pada semua tingkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: