Mendagri Sebut Tenaga Honorer Banyak Titipan Pejabat, Sekda: Di Lampung Tidak Ada

Mendagri Sebut Tenaga Honorer Banyak Titipan Pejabat, Sekda: Di Lampung Tidak Ada

Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.-Sumber Foto: Diskominfotik-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Toto Karnavian menyoroti banyaknya tenaga honorer yang berasal dari tim sukses atau keluarga pejabat daerah.

Para honorer tim sukses maupun keluarga pejabat ini kebanyakan masuk kedalam jenis tenaga honorer bidang administrasi.

Mereka kerap pulang lebih cepat dari waktu kerjanya atau dikenal 'makan gaji buta' alias 'magabut' atau 'gabut'. Serta tidak memiliki keahlian.

Itu disampaikan Toto Karnavian pada acara penguatan APIP melalui pemenuhan kebutuhan SDM di provinsi/kabupaten/kota di Kemendagri, pada Rabu 13 September 2023.

BACA JUGA:Keren, Mahasiswa Unila Raih Juara 1 Lomba Poster Medical Veteran Competition

Terkait sorotan Kemendagri tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membantah tenaga honorer di lingkungan pemprov berasal dari tim sukses atau keluarga pejabat 

Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, di Lampung khususnya di Pemprov Lampung tidak ada honorer dari tim sukses maupun keluarga pejabat.

"Di Lampung tidak ada, di Provinsi Lampung tidak ada titipan," ujar Fahrizal Darminto saat ditemui di area DPRD Lampung, Kamis 14 September 2023.

Jumlah tenaga honorer di Lampung, kata Fahrizal Darminto setiap tahun mengalami penurunan.

BACA JUGA:Unila Selenggarakan The 4th ULICoSS dan ULICoSTE 2023

Di mana, untuk di Pemprov Lampung pihaknya setiap tahun melakukan evaluasi terhadap SK dari tenaga honorer.

"Kalau kita lihat dari tahun ketahun selalu turun. SK kan selalu kita perbarui setiap tahun ketahun. Tapi setiap tahun selalu berkurang," ungkapnya.

Namun saat disinggung berapa jumlah tenaga honorer yang ada di lingkungan Pemprov Lampung, dirinya tidak menjelaskan jumlahnya karena tidak hapal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: