955 Sekolah di Lampung Dapat BOS Kinerja Sekolah Berkemajuan Baik

955 Sekolah di Lampung Dapat BOS Kinerja Sekolah Berkemajuan Baik

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tommy Efra Hendarta --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 955 sekolah di Lampung mendapatkan bantuan operasional sekolah (BOS) kinerja sekolah berkemajuan baik dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Tommy Efra Hendarta mengatakan, pada Jumat, 22 September 2023, BOS Berkemajuan Baik ialah sekolah yang mendapatkan bantuan operasional sekolah berdasarkan hasil atau adanya peningkatan rapor pendidikan pada indikator kualitas pembelajaran dan hasil belajar dari profil pendidikan.

"Tahun ini ada ratusan Sekolah di Lampung yang mendapat BOS kinerja sekolah berkemajuan baik. Secara total bantuannya yang masuk ada RpRp28.485.000.000," kata Tommy.

Dari total boskin yang masuk ke Lampung sebesar Rp28.485.000.000 itu bukan hanya tingkat SMA/SMK. Tapi juga didalamnya SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB baik negeri maupun swasta.

BACA JUGA:Saat Pohon Bungur Berbunga, Benarkah Pertanda Datangnya Musim Hujan

Namun ada persyaratan khusus bagi penerima BOS kinerja sekolah berkemajuan baik. Salah satunya penerima BOS reguler tapi tidak masuk dalam program lainnya.

"Mengutip dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-bosp-kinerja-tahun-2023/, jadi satuan pendidikan penerima BOS/BOP Kinerja Kemajuan Terbaik harus merupakan penerima dana BOS Reguler dan tidak termasuk sebagai satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak, SMK Pusat Keunggulan, dan sekolah yang memiliki prestasi," lanjutnya.

Selain itu, satuan pendidikan wajib termasuk dalam 15% dari satuan pendidik satuan yang memiliki kinerja terbaik berdasarkan Hasil atau peningkatan rapor pendidikan pada indikator kualitas pembelajaran dan hasil belajar profil pendidikan.

Kemudian Kinerja terbaik berdasarkan indeks status ekonomi dan sosial satuan pendidikan. Komponen penggunaan dana BOS Kinerja yang memiliki kemajuan terbaik meliputi pembelajaran dengan paradigma baru dan perencanaan berbasis data.

BACA JUGA:Waspada! Musim Pancaroba Rentan Dihantui Penyakit, Begini Cara Mencegahnya

Bantuan sendiri yang masuk ke Lampung untuk SD diberikan Rp22,5 juta per sekolah, Untuk SMP diberikan Rp35 juta per sekolah dan untuk SMA diberikan Rp45 juta per sekolah, Untuk SLB Rp36,2 juta.

Sementara, total bantuan ke sekolah per daerah di Lampung masing-masing:

1. Lampung Barat sejumlah Rp1,18 miliar untuk 43 sekolah.

2. Lampung Selatan sejumlah Rp3,15 miliar untuk 109 sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: