Sebentar Lagi Kota Metro Lampung Punya RSH Sendiri, Begini Proses Rencananya

Sebentar Lagi Kota Metro Lampung Punya RSH Sendiri, Begini Proses Rencananya

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno-Ruri Setiauntari-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) METRO merencanakan meningkatkan status Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota METRO menjadi rumah sakit hewan (RSH).

Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan hewan, dan juga untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Metro

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Metro, Heri Wiratno, menjelaskan, dalam proses pembentukan RSH ini, pihaknya telah membentuk tim dan juga sudah mulai melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa rumah sakit yang berkaitan dengan penanganan limbah dan lainnya.

BACA JUGA:Diskon 15 Persen Varian Steak di Hotel Santika Premiere Gubeng, Ini Syarat dan Cara Penggunaan Voucher

"Peluncurannya direncanakan nanti di awal November ya. Kita juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Mardi Waluyo dan lainnya yang berkaitan dengan limbah dan lainnya yang berkaitan,” katanya.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Keswan DKP3 Metro Lina Oktira menerangkan, di saat pandemi Covid-19, terjadi peningkatan pengunjung di pusat kesehatan hewan (puskeswan).

Sehingga, diperlukan adanya peningkatan pelayanan yakni dengan pembentukan RSH. 

BACA JUGA:Rayakan Ulang Tahun Google, Dapatkan Saldo Gratis Resmi, Ini Caranya

“Iya, mulai saat pandemi COVID-19 itu sampai sekarang ini memang ada peningkatan atensi masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas puskeswan. Awalnya kamu ajukan ke pak Wali Kota untuk adanya fasilitas rawat inap, tapi beliau mengarahkan langsung saja menjadi RSH,” jelasnya.

Diterangkannya, dari data yang dihimpun, jumlah pasien atau pelayanan di Puskeswan Metro yang terdiri dari hewan kesayangan atau peliharaan, maupun produksi mencapai 5.510 di tahun 2018.

Di tahun 2019, meningkat menjadi 9.050, dan pada tahun 2020 menjadi 8.928 pasien.

BACA JUGA:Kisah Mahasiswa Unila yang Magang di DJHAM Kemenkumham

“Dan jumlah pasien kita juga sampai saat ini terus meningkat. Karena itu lah, kami ingin meningkatkan pelayanannya dengan membentuk RSH. Dan ini juga menjadi potensi peningkatan PAD kami juga," terangnya.

Menurutnya, PAD Kota Metro yang berasal dari RSH nantinya diprediksi dapat mencapai Rp110 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: