Satu Anak Badak Sumatera Kembali Lahir di SRS Way Kambas

Satu Anak Badak Sumatera Kembali Lahir di SRS Way Kambas

Satu ekor anak Badak Sumatera lahir dari induk bernama Ratu di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Sabtu, 30 September 2023. FOTO HUMAS KEMENTERIAN LHK --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Satu anak badak Sumatera kembali lahir pada Sabtu, 30 September pukul 01.44 WIB di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Lampung Timur, Lampung.

Kabar baik ini disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya seperti dikutip dari Instagram Kementerian LHK @kementerianlhk.

Di mana, satu ekor anak badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin betina kembali lahir dari induk bernama Ratu.

"Kabar ini tentu menjadi berita bahagia, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia tetapi juga dunia. Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kelahiran badak sumatera ini," kata Menteri LHK.

BACA JUGA:Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, dan PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses Layanan Permodalan

"Harapannya, kita dapat terus mendapat kabar bahagia dari kelahiran-kelahiran badak sumatera dan satwa dilindungi lainnya di masa depan," ucap Menteri Siti.

Ratu, badak sumatera betina yang berusia 23 tahun, ini merupakan keberhasilan kelahiran ketiga selama menjadi penghuni SRS TNWK. 

Ratu juga sebelumnya telah berhasil melahirkan Andatu pada tahun 2012 dan Delilah pada tahun 2016.

Ketiga individu badak Sumatera yang dilahirkan indukan badak Ratu ini merupakan hasil perkawinannya dengan badak jantan bernama Andalas yang berusia 22 tahun.

BACA JUGA:Rincian Cicilan Pinjaman KUR BCA Rp 50 Juta, Lengkap Dengan Dokumen Persyaratan dan Cara Pengajuan

Hingga sekarang, kelahiran anak badak ini merupakan yang keempat di SRS TNWK. Selain Andatu (2012), Delilah (2016), ada Sedah Mirah yang lahir pada 2022 lalu.

Menteri Siti menegaskan hal ini membuktikan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia, khususnya badak sumatera.

Atas kelahiran anak indukan badak Sumatera Ratu ini, maka jumlah badak yang ada di SRS TNWK menjadi sembilan ekor. 

Selain badak Ratu, badak betina lain yang saat ini menempati SRS TNWK adalah Bina, Rosa, Delilah, dan Sedah Mirah. Sementara itu, terdapat tiga ekor badak jantan, yaitu Andalas, Harapan, dan Andatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: