UI Kembali Buka Program Pre University, Ini dia Alur Pendaftarannya

UI Kembali Buka Program Pre University, Ini dia Alur Pendaftarannya

Baru-baru ini, Universitas Indonesia kembali membuka program Pre University (Pre-U). Program ini sebelumnya sudah pernah dibuka pada Agustus 2022 dan mendapat respon yang positif dari masyarakat. Foto Website UI--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Baru-baru ini, Universitas Indonesia kembali membuka program Pre University (Pre-U). Program ini sebelumnya sudah pernah dibuka pada Agustus 2022 dan mendapat respon yang positif dari masyarakat. 

Program Pre-U atau Pre University merupakan program yang diperuntukkan bagi siswa/i SMA/SMK yang ingin melanjutkan perkuliahan ke jenjang sarjana dan mengikuti perkuliahan di kampus secara online dan mengumpulkan mikro-kredensial. 

Pendaftaran Pre-U dibuka mulai dari tanggal 8 September sampai 29 Desember 2023. Periode pendaftaran akan berbeda tergantung dari mata kuliah yang di tawarkan. 

BACA JUGA:15 Rest Area di Jalan Tol Trans Sumatera Lampung, Lengkap Dengan Fasilitasnya

Keberhasilan dari program ini bisa menjadi pertimbangan untuk masuk UI sesuai dengan skema credit-earning (SKS). Pre-U ini termasuk bentuk program jangka pendek dengan pelaksanaan perkuliahan selama 16 minggu atau setara dengan satu semester akademik dengan 14 materi yang berbeda. 

Setelah siswa/i tersebut nantinya diterima di UI, maka mereka akan mendapatkan pengakuan mikro-kredensial melalui sistem SKS dan mereka bisa melanjutkan sisanya tanpa perlu mengulang dari awal perkuliahan.

Dilansir dari berbagai sumber, Direktur Center for Independent Learning (CIL) CIL UI, F. Astha Ekadiyanto, di Kampus UI Depok, mengatakan bahwa program ini juga terbuka untuk peserta umum jenjang S1/S2 atau lulusan SMA yang dalam masa tunggu (gap year) yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. 

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Eustass Captain Kid di Anime One Piece, Nakama Wajib Merapat Nih..

Ia juga menjelaskan selain bisa merasakan bagaimana jadi mahasiswa UI, kegiatan ini juga bertujuan agar peserta memahami program studi (prodi) yang akan dipilih kelak saat kuliah di UI, melalui mata kuliah Pre-U yang diambilnya.

Adapun alur pendaftaran untuk mendaftar Pre-U ini adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi laman website CIL untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre-U di https://cil.ui.ac.id/

BACA JUGA:Cicilan Mulai Rp 307 Ribuan, Ini 2 Cara Mudah Ajukan Pinjaman KUR BCA Rp 8 Juta

2. Di website CIL, kalian bisa mendapatkan informasi terkait mata kuliah yang bisa diambil untuk program ini. 

3. Unduh dan isi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: