Dosen Teknokrat beri Pelatihan Teknologi Game Edukasi untuk Guru di SDN 4 Merak Batin

Dosen Teknokrat beri Pelatihan Teknologi Game Edukasi untuk Guru di SDN 4 Merak Batin

-ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID -.Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) yang terdiri dari dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di SDN 4 Merak Batin, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. 
 
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SDN 4 Merak Batin dalam proses pembelajaran di kelas. 
 
Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kelas SDN 4 Merak Batin pada tanggal 27 September 2023 dan 5 Oktober 2023.
 
Kegiatan ini diketuai oleh Dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Yuri Rahmanto, M.Kom., bersama tim dosen yaitu, Tien Yulianti, M.Pd., dan Rakhmat Dedi Gunawan, M.Kom., serta tiga orang mahasiswa Program Studi Informatika, yaitu Afit Santoso, Reza Prayoga, dan Geyma Vancha Risma.
 
 
Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, teknologi game edukasi dianggap sebagai solusi alternatif yang efektif dan efisien. 
 
"Game edukasi dapat  digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, serta dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, teknologi game edukasi  juga dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran yang lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa," kata Yuri Rahmanto.
 
Pada kegiatan ini, tim PKM UTI bekerja sama dengan guru-guru SDN 4 Merak Batin dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan teknologi game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 
 
Selain itu, tim PKM UTI juga memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam mengimplementasikan teknologi game edukasi dengan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran di kelas.
 
 
 Dalam pelatihan ini, tim PKM UTI membahas berbagai strategi dan metode dalam menggunakan teknologi game edukasi dengan pendekatan diferensiasi, serta memberikan contoh-contoh game edukasi bahkan membuat game edukasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.
 
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar bagi sekolah dan masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi pelaksana pengabdian dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta penerapan pendekatan diferensiasi pada pembelajaran di SDN 4 Merak Batin. 
 
"Dengan melakukan kegiatan pengabdian ini, diharapkan juga akan tercipta sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih kondusif dan efektif bagi para siswa di SDN 4 Merak Batin,"ujarnya.
 
Selain itu, dengan menggunakan teknologi game edukasi, diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Siswa akan dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan sehingga dapat membantu meningkatkan minat dan motivasi belajar. Teknologi game edukasi juga memungkinkan adanya pengukuran kemajuan belajar siswa secara lebih akurat dan efektif, sehingga guru dapat memberikan umpan balik yang lebih spesifik dan tepat sasaran.
 
 
Yuri Rahmanto, M.Kom menyebut kegiatan PKM di SDN 4 Merak Batin ini secara bertahap akan dilaksanakan secara berkelanjutan dengan pendampingan yang dilaksanakan secara intens.
 
Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad SE., MM., menyambut baik kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. 
 
Mahathir berharap kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru dengan menerapkan teknologi game edukasi ini tidak hanya dapat diterapkan di SDN 4 Merak Batin, namun dapat secara luas dapat diberikan kepada Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas lainnya di Provinsi Lampung.
 
"Sehingga kebermanfaatan hasil penelitian dan PKM dosen UTI dapat lebih dirasakan oleh masyarakat lebih luas," pungkasnya. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: