Kebakaran TPA Bakung Kembali Terjadi Hari Ini, Api Lebih Besar dari Kemarin

Kebakaran TPA Bakung Kembali Terjadi Hari Ini, Api Lebih Besar dari Kemarin

Tumpukan sampah yang terbakar di TPA Bakung, Sabtu 14 Oktober 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Petugas Pemadam kebakaran hingga kini masih berjibaku memadamkan api yang membakar tumpukan sampah yang diduga dari puntung rokok di TPA Bakung, Sabtu, 14 Oktober 2023.
 
Pasca pemadaman yang dilakukan para petugas damkar pada jumat sore dan baru berakhir pada Sabtu  00:18 WIB, kebakaran kini terjadi dilahan yang lebih luas lagi.
 
"Semalam petugas  kita berhasil memadamkan api sekitar pukul 00:18 WIB. Dan kini terjadi kebakaran lagi tapi Ini lokasi berbeda dari kebakaran yang terjadi malam tadi. Ini lebih luas dari yang terbakar semalam. Luasnya diperkirakan tiga hektare," kata Kadis Damkar Bandar Lampung Anthony Irawan.
 
 
Laporan awal peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05:45 WIB hingga kini para personel masih berjibaku menjinakan api di tumpukan sampah kering tersebut.
 
"Kami menerjunkan lima mobil pemadam kebakaran dibantu mobil tangki PDAM Way Rilau, dan Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya.
 
Guna memadamkan si Jago merah, kata Anthony pihaknya fokus melokalisir api supaya tidak meyebar pada tumpukan sampah lainnya apalagi sampai menuju pemukiman warga.
 
 
"Kami fokus melokalisir api, jangan sampai api menyebar ke luar TPA Bakung, pemukiman warga, yang tentunya akan semakin menyulitkan pemadaman api. Saat ini api masih besar karena kami fokus pada melokalisir area kebakaran," ungkapnya.
 
Labih lanjut kata Anthony, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mensterilkan warga yang biasa beraktivitas di lokasi pembuangan sampah tersebut.
 
"Untuk antisipasi kebakaran, kami berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup agar para petugas dan pemulung di TPA Bakung bisa menjaga dan tidak membuang puntung rokok sembarangan," terangnya.
 
 
Karena peristiwa kebakaran di lokasi tersebut terjadi berulang kali dengan intensitas besar, Dinas damkar juga meminta Diskes terkait untuk mengantisipasi dampak kesehatan pada masyarakat.
 
"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, camat dan lurah, agar menginventarisir daerah pemukiman yang berdekatan dengan TPA Bakung untuk antisipasi dampak penyebaran asap," ucapnya.
 
Sejauh ini Anthony menyebut  terdapat lima armada dan 26 personel. 
 
 
"Kami tidak mengerahkan seluruh personel kemari karena kami mengantisipasi kalau terjadi kebakaran di wilayah lain. Kurang lebih lima hektare lahan TPA Bakung sudah terbakar sejak kemarin," tandasnya. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: