15 Prodi Unila Diusulkan Terakreditasi Internasional

15 Prodi Unila Diusulkan Terakreditasi Internasional

Universitas Lampung --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 15 program studi di Universitas Lampung (Unila) diusulkan terakreditasi internasional.

Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Akreditasi Nasional dan Internasional Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pelatihan (LP3M) Unila Priambodo, M.Sc.

"Ada beberapa program studi yang sudah disiapkan memang untuk akreditasi internasionalnya. Mulai dari jenjang S1, S2 hingga S3," kata Priambodo Rabu, 18 Oktober 2023.

Dia menyebutkan prodi yang diusulkan memiliki akreditasi internasional ini juga dinilai dari beberapa lembaga akreditasi internasional berbeda.

BACA JUGA:Petani di Tulang Bawang Ini Diciduk Polisi Saat Nongkrong di Warung Kopi, Ternyata Ini Masalahnya

Seperti Lembaga Akreditasi Internasional Akcreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, Informatik, Naturwissenschaften, and Mathematik (ASIIN), dan Lembaga Akreditasi Internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

"Untuk yang lembaga Akreditasi ASIIN yang diusulkan mulai dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kimia," lanjutnya.

Kemudian Fakultas Teknik ada S1Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin. Fakultas Kedokteran ada S1 Kedokteran.

Untuk Lembaga Akreditasi FIBAA ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu S2 Ilmu Ekonomi dan S3 Ilmu Ekonomi. Fakultas Hukum ada S1 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Hukum dan S3 Ilmu Hukum.

BACA JUGA:Tiga dari Empat Mayat Tanpa Kepala yang Ditemukan di Perairan Lampung Sudah Teridentifikasi

"Kemudian juga ada di FKIP S1 Pendidikan Ekonomi, dan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) itu S1 Sosiologi," tambahnya.

Priambodo melanjutkan saat ini proses pengusulan akreditasi internasional prodi di Unila masih dalam tahap Penyusunan Dokumen "Target Desember Submit dan dilakukan visitasi 2024," katanya.

Untuk saat ini, Unila sudah memiliki 13 prodi yang terakreditasi Internasional ini terdiri dari 1 jurusan S1 Kimia yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Internasional Royal Society of Chemistry (RSC).

"Kemudian ada juga Program Studi di Unila yang telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Internasional Akcreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, Informatik, Naturwissenschaften, and Mathematik (ASIIN)," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: