Gebyar Perkemahan Pramuka 2023, Bentuk Penerus Masa Depan Bangsa Berkualitas

Gebyar Perkemahan Pramuka 2023, Bentuk Penerus Masa Depan Bangsa Berkualitas

Pembukaan Gebyar Perkemahan Pramuka 2023 di Bumi Perkemahan Cabang Bandar Lampung oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dan Wakilnya Deddy Amarullah, Rabu, 25 Oktober 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ketua Macibab Kwarcab sekaligus Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana memimpin Apel besar hari Gebyar Perkemahan Lampung dalam rangka Hari Pramuka ke-62 di Bumi Perkemahan, Kepayang, Pramuka, Bandar Lampung, Rabu 25 Oktober 2023.

Eva Dwiana dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka merupakan komitmen kuat dari para tokoh kepanduan di Indonesia agar anak bangsa tidak terkotak-kotak dengan berbagai gerakan kepanduan.

"Gerakan pramuka dideklarasikan sebagai peleburan seratus lebih gerakan kepanduan di Bumi Persada nusantara ini, dengan bendera masing-masing gerakan panduannya," kata Eva.

Menurutnya, hal ini demi pentingnya menyatukan gerakan kepanduan Indonesia yaitu gerakan kepanduan Indonesia.

BACA JUGA:Dimana Lokasi Tes Seleksi PPPK 2023, Ini Jawaban BKPSDM Tanggamus Lampung

"Yaitu gerakan Pramuka, Praja Muda Karan, yakni  kaum muda yang suka berkarya hanya satu untuk pramuka Indonesia," ujarnya.

Kata Eva, tugas pokok strategis yang dipikul gerakan pramuka saat ini adalah menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan berdasarkan nilai-nilai dan kecakapan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2010.

Dalam wawancaranya, Eva juga menyebut kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP, SMA kabupaten/kota se Provinsi Lampung, bahkan terdapat pula peserta dari Tangerang dan Palembang.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama anak bangsa yang berkualitas, sehingga terus bisa berkarya. 

BACA JUGA:Sambil Makan Siang, Ganjar Pranowo Tampung Curhatan Nelayan Lempasing

"Gerakan pramuka ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader bangsa yang religius, nasionalis dan terampil sebagai patriot bela negara dan patriot pembangunan bangsa. Pada kegiatan ini hadir semua mulai dari penggalang, penegak, dan pandega ikut sampai hari Minggu nanti," ujarnya.

Dengan begitu, dirinya mengharapkan kegiatan ini juga dapat menjadi pagar pencegah bagi para siswa agar terhindar dari prilaku-prilaku buruk seperti tawuran dan lainnya.

"Terutama jaga kekompakan, jaga kebersamaan. Ditambah lagi sekarang ini masih marak tawuran, mudah-mudahan dengan adanya Pramuka ini anak-anak bisa memberi masukan kepada teman-teman di luar sana, bahwa lebih baik kita berkumpul seperti ini untuk kebaikan, dari pada tawuran tak ada manfaatnya. Kita hebat bukan karena tawuran tapi prestasi, mereka adalah penerus bangsa harus diarahkan," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: