Dinkes Keluarkan SE Waspada Cacar Monyet, Masyarakat Diminta Jaga PHBS

Dinkes Keluarkan SE Waspada Cacar Monyet, Masyarakat Diminta Jaga PHBS

Ilustrasi cacar monyet. (Pixabay)--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Lampung, terbitkan surat edaran (SE) mengenai waspada Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox.

Hal tersebut sebagai tindaklanjut dari kasus Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox yang menyerang sejumlah daerah di Indonesia.

Dari rilis yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, telah terdapat 27 kasus Cacar Monyet ditemukan di wilayah Indonesia. 

Kepala Dinkes Kota Metro, Eko Hendro Saputro mengatakan, untuk di Kota Metro, sampai saat ini tidak ditemukan adanya penyakit cacar air di Bumi Sai Wawai.

BACA JUGA:Cair November, Begini Cara Pengambilan Bantuan Sosial BLT El Nino Rp 200 Ribu

"Alhamdulillah belum ada ditemuian kasus Cacar Monyet di Kota Metro ini," kata dia.

Meski begitu, lanjutnya, pihaknya tetap mengambil langkah antisipasi untuk mencegah ditemukannya penyakit cacar monyet di Kota Metro.

"Kita tetap akan terus lakukan langkah antisipasi. Salah satunya yang harus kita lakukan adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinkes Kota Metro, Lampung, Verawati Nasution menerangkan, meski belum ditemukan penyakit cacar monyet di Bumi Sai Wawai, pihaknya tetap mewanti-wanti masyarakat untuk berhati-hati terhadap penyakit ini.

BACA JUGA:Sosialisasi 4 Pilar, Unila dan MPR RI Adakan Lewat Pagelaran Seni dan Budaya

"Alhamdulillah untuk di sini, sampai saat ini tidak ditemukan kasus cacat monyet. Untuk di luar daerah memang sudah ada yang sudah mulai terpapar," tukasnya.

Ia mengakui, Dinkes Kota Metro sudah menerima surat edaran dari Dinkes Provinsi Lampung mengenai pencegahan dan pengendalian virus Cacar Monyet.

"Iya, kami sudah menerima SE dari Dinkes Provinsi Lampung. Isinya itu mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit Cacar Monyet ini," ujarnya.

Karena itu, pihaknya juga sudah menindaklanjuti SE Dinkes Provinsi tersebut dengan menerbitkan surat edaran mengenai waspada penyakit Cacar Monyet yang ditujukan seluruh faskes di Kota Metro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: