FP Unila Resmikan Gedung Baru, Ini Peruntukkannya

FP Unila Resmikan Gedung Baru, Ini Peruntukkannya

Pusat Kajian Cassava, Kelapa Sawit, Tebu, Kopi, Lada, dan Kakao Unila Diresmikan--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah satu tahun pembangunan, Gedung Pusat Kajian Cassava, Kelapa Sawit, Tebu, Kopi, Lada, dan Kakao, Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) yang berlokasi di Laboratorium Lapang Terpadu FP Unila diresmikan, Rabu, 8 November 2023.

Gedung yang merupakan hibah dari keluarga Winata (Sungai Budi Group) ini diresmikan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., bersama dengan Presiden Direktur Sungai Budi Group Widarto, Gubernur Lampung Dr. (HC). Ir. Arinal Djunaidi, dan Dekan FP Unila Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.

Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Lampung, Rektor Unila, dan Presiden Direktur Sungai Budi Group.

Dia melanjutkan, dengan penandatanganan naskah hibah oleh Dekan FP Unila dan Presiden Direktur Sungai Budi Group, serta pemotongan pita.

BACA JUGA:Dengar Kabar Perundungan Anak, Mensos Tri Rismaharini Terjun Langsung ke Pesawaran

Gedung Pusat Kajian Cassava, Kelapa Sawit, Tebu, Kopi, Lada, dan Kakao FP Unila dirancang menjadi gedung tiga lantai, terdiri dari ruang kantor pada lantai satu dan laboratorium di lantai dua dan tiga.

Dengan luas lantai 585 meter persegi, gedung ini ditujukan untuk kegiatan kajian dan penelitian yang mencakup enam komoditas utama yaitu Cassava, Kelapa Sawit, Tebu, Kopi, Lada, dan Kakao, serta komunitas lainnya.

Gedung ini akan difokuskan untuk bidang penelitian ilmu tanah, fisiologi, hama penyakit tanaman, dan kultur jaringan tanaman.

Pusat kajian ini diharapkan dapat memberi kontribusi berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Provinsi Lampung dan di Indonesia.

BACA JUGA:Bupati Pesawaran Terima Penghargaan Insentif Fiskal Tahun 2023

Manfaat secara langsung yang diharapkan yakni dapat berkontribusi optimal bagi pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung melalui program Petani Lampung Berjaya dan bisa lebih mengoptimalkan program ini.

Prof. Irwan melaporkan, Sungai Budi Group turut berpartisipasi dalam pembangunan pertanian di Provinsi Lampung, termasuk juga peningkatan SDM di Provinsi Lampung.

Sungai Budi Group juga telah memberikan kontribusi kepada Unila melalui kegiatan rekrutmen karyawan tenaga muda lulusan FP Unila untuk 20 pabriknya secara periodik.

Selain itu, menjadi sponsor tunggal penyelenggaraan Kongres ke-27 Perhimpunan Fitopatologi Indonesia (PFI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: