Ada 61 Desa di Lampung Belum Smart Village, Ini Kendalanya

Ada 61 Desa di Lampung Belum Smart Village, Ini Kendalanya

Kepala Dinas PMDT Lampung Zaidirina.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung menyebut capaian smart village atau desa pintar di Lampung mencapai 97 persen.

Masih ada sisa tiga persen atau 61 desa dari 2.456 desa di Lampung yang belum menerapkan smart village, hingga Selasa 28 November 2023.

"Untuk di Lampung smart village per hari ini sudah 97 persen desa-desa sudah menerapkan smart village," ujar Kepala Dinas PMDT Lampung Zaidirina, Selasa 28 November 2023.

Kata Zaidirina, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh kepada desa yang ada di Lampung.

BACA JUGA:Kemendes dan DNN Sepakat Jalin Kerjasama di 2024

Pada rakor tersebut, Gubernur Lampung akan memberi arahan kepada para kepala desa dan juga akan memberi bantuan.

"Di situ nanti pak gubernur akan memberikan arahan dan mungkin ada bantuan supaya dimanfaatkan untuk smart village," ucapnya.

Zaidirina berpesan, agar desa yang belum menerapkan smart village untuk segera memulai. 

Begitu juga desa yang sudah sudah menerapkan smart village untuk terus di kembangkan atau upgrade.

BACA JUGA:Cek Hotel Murah di Jawa Tengah Hari Ini, Tarif Mulai Rp186 Ribuan Per Malam

"Karena smart village kita buat menu-menunya terbuka. Kita terus bisa di-upgrade, terus bisa dibangun disesuaikan dengan potensi desa masing-masing," ungkapnya.

"Jadi walaupun sudah menerapkan pun bukan berarti sudah selesai. Utamanya bisa tambahkan terkait dengan lingkungan hidup, kepariwisataan dan lainnya," sambungnya.

Pihaknya pun menargetkan akhir tahun ini semua desa di Lampung sudah menerapkan smart village. Juga tahun depan desa yang smart village di-upgrade.

Disinggung tiga persen desa di Lampung yang belum menerapkan smart village, Zaidirina menyebut tersebar di beberapa kabupaten. Seperti, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Tanggamus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: