Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Sekolah Ikatan Dinas Termasuk Akademi Militer Hingga STPN

Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Sekolah Ikatan Dinas Termasuk Akademi Militer Hingga STPN

Perbedaan sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas di Indonesia. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @indonesian_military--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Siapa yang baru tahu bahwa sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas ternyata mempunyai perbedaan yang signifikan.

Apalagi kebanyakan orang mengira keduanya sama saja padahal berbeda.

Terdapat sejumput hal yang menjadi pembeda antara perguruan tinggi ikatan dinas dan perguruan tinggi kedinasan di Indonesia

Sebagai pengetahuan penting bahwa sekolah kedinasan diketahui merupakan sekolah yang berada di bawah naungan dinas tertentu. 

Untuk sekolah kedinasan itu sendiri non-ikatan dinas, jadi para lulusannya tidak bisa langsung menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Sipil Negara).

BACA JUGA:4 Sekolah Kedinasan TNI dan Polri, Ada Akademi Militer Hingga Akademi Kepolisian

Sedangkan sekolah ikatan dinas berada di bawah naungan dinas tertentu, dan bagi para alumni atau lulusannya akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk direkrut dan bekerja di dinas terkait.

Sekolah ikatan dinas pun sebenarnya terbagi lagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu ikatan dinas 100 persen dan ikatan dinas tidak 100 persen.

Penting diingat bahwa semua sekolah ikatan dinas merupakan kedinasan. Namun demikian, tidak semua sekolah kedinasan menyelenggarakan ikatan dinas.

Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas

BACA JUGA:Amalkan Bagi yang Belum Menikah, Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik Dari Allah

- Politeknik Keuangan Negara-STAN (PKN STAN)

- Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

- Akademi Militer (Akmil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: