Calon Penumpang Wajib Tahu, Ternyata Ini Ciri-ciri Bus Layak Oprasional

Calon Penumpang Wajib Tahu, Ternyata Ini Ciri-ciri Bus Layak Oprasional

-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Terminal Iduk Rajabasa Bandar Lampung mulai bersiap menghadapi libur Natal dan Tahun baru 2024  dengan melakukan ram chek pada setiap kendaraan.

Kepala Terminal Tipe A Rajabasa Marsusi mengatakan, ram check merupakan pemeriksaan kondisi kendaraan layak jalan atau tidak, guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan atau kecelakaan. 

Pada Terminal Rajabasa, persiapan angkutan menjelang Nataru dilakukan pada kendaraan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Jadi sementara ini, kita masih melakukan ram check untul AKAP dan AKDP yang masuk ke terminal Rajabasa dari tanggal 8 sampai tanggal 22 Desember nanti," ujarnya, Rabu, 13 Desember 2023.

BACA JUGA:Penghujung 2023, Pesawaran Terima Dua Penghargaan

Pengecekan dimulai dari kondisi fisik kendaraan hingga kelengkapan administrasi seperti surat jalan dan lainnya. "Secara fisik busnya dan kelengkapan administrasi pada supirnya," ungkapnya.

Selanjutnya, bagi bus yang telah lulus ram chek, pihaknya bakal menelpel stiker khusus pada kendaraan tersebut.

Hal itu ditujukan untuk memberitahu masyarkat bahwa mobil yang ditumpangi dalam kondisi prima.

"Sejauh ini, kendaraan yang melakukan ram check baru yang masuk terminal itu sekitar 50 kendaraan, dan untuk yang layak jalan kita kasih stiker," kata dia.

BACA JUGA:Selamat! Tanggamus Raih Penghargaan Inovation Goverment Award 2023 sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Selain itu, mengingat libur Nataru semakin dekat pihaknya juga berencana membuka Posko di Terminal Rajabasa. Dimulai dari tanggal 19 Desember sampai 3 Januari 2024.

"Kita sudah koordinasi dengan beberapa OPD dan Kepolisian. Tapi masih menunggu instansi masing-masing," tandasnya.

Sementara sopir bus Karona, Andri Tarigan menyebut hingga kini pihaknya belum merasakan kenaikan pemudik, namun dia memprediksikan akan terjadi lonjakan pada pekan depan.

"Kalau sekarang ini belum ada, masih standar aja penumpangnya. Prediksi kita sih minggu depan, karena pada bagi lapor dan liburan," singkatnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: