Dua hari jelang Natal, 86 Ribu Kendararaan Tercatat Melintas Ruas Tol Terpeka

Dua hari jelang Natal, 86 Ribu Kendararaan Tercatat Melintas Ruas Tol Terpeka

Daftar ruas tol yang gratis selama nataru 2023. Sumber Foto. PUPR--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Branch Manager Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung, PT Hutama Karya (Persero) Taufiq Hidayat mengatakan terdapat lonjakan kendaran signifikan dua hari menjelang Natal 2023 di jalur tersebut.

"Informasi Terkini Volume Lalu Lintas Selama Arus Libur Nataru 2023/2024 di Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (TERPEKA) Terhitung sejak tanggal 18 Desember 2023 s.d 22 Desember 2023 mengalami kenaikan," katanya, Sabtu 23 Desember 2023.

Lonjakannyapun diperkirakan akan lebih naik lagi dari saat ini yang mencapai 30 persen.

BACA JUGA:Komjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Guru Besar Unila yang Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang Tiga

"Hutama Karya mencatat peningkatan trafik Kendaraan yang masuk ke Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung Total komulatif ada 86.225 Kendaraan yang melintas atau meningkat 30% dari VLL normal," ungkapnya.

Angka tersebut diprediksikan akan terus terjadi pada libur panjang Nataln2023 kali ini.

Sebelumnya diberitakan, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memprediksi lonjakan Pemudik akan terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun JORR-S dan Akses Tanjung Priok (ATP). 

BACA JUGA:Barisan Perwira yang Mutasi dan Bertugas di Densus 88 Antiteror, Kadensus Naik Bintang Dua

Tahun ini, HK memprediksi lonjakan lalu lintas di JTTS akan meningkat hingga 24% jika dibandingkan dengan lalu lintas normal, dari semula 990.000 menjadi 1.230.000 kendaraan, dengan puncak arus mudik akan dimulai pada H-2 perayaan Natal yaitu tanggal 23 Desember 2023 dan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada tanggal 30 Desember 2023.

Seperti yang diutarakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa jalan tol yang telah beroperasi saat ini siap untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mendatang.

"Selain jalan tol yang telah beroperasi, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (71 km), Tol Bangkinang-Tanjung Alai (25 km), dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura (19 km) juga akan dioperasikan secara fungsional selama libur Nataru," katanya.

BACA JUGA:Mau Traveling Hemat Ke Luar Negeri Ala Backpacker? Begini Caranya

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa dari sisi pelayanan, Hutama Karya telah menyiapkan berbagai strategi anti-macet, diantaranya dengan menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan.

"Untuk mempercepat transaksi serta penerapan sistem holding di rest area di Tol Terpeka dan Permai apabila lonjakan semakin padat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: