Puncak Arus Balik Libur Natal Diprediksi Besok, Tapi ...

Puncak Arus Balik Libur Natal Diprediksi Besok, Tapi ...

Situasi Terminal Induk Rajabasa yang terlihat lengang, Selasa, 26 Desember 2023.-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Terminal Induk Rajabasa, Bandar Lampung memprediksi puncak arus balik libur Natal akan terjadi besok, Rabu, 27 Desember 2023.

Ya, berdasarkan pantauan Radarlampung.co.id, terminal tersebut terlihat sepi, Selasa, 26 Desember.

Di sana, tidak terlihat kepadatan penumpang, hanya ada beberapa penumpang yang turun dan berencana naik bus di lokasi tersebut.

Kepala Terminal A Induk Rajabasa Mursusi mengatakan, kondisi penumpang berjalan normal dan belum terjadi peningkatan.

BACA JUGA:Sepekan Terakhir, 23.308 Penumpang Padati Bandara Radin Inten II

"Untuk hari ini kondisinya masih stabil, belum ada lonjakan lagi. Nanti kita lihat perkembangan sampai besok pagi. Dan arus balik natalnya besok, tapi untuk libur tahun baru diprediksi naik lagi di tanggal 28 dan 29 Desember," katanya.

Menurutnya, lonjakan arus liburan natal telah diawali pada Jumat 23 Desember lalu dengan ribuan penumpang yang datang ke terminal tersebut.

"Kita peningkatan di tanggal 23 dan 24, sebelumnya kita memprediksikannya di tanggal 22, ternyata maju," ujarnya.

Terkait volume penumpang menurutnya mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

BACA JUGA:5 Pusat Oleh-Oleh Khas Lampung yang Wajib Dikunjungi

"Kalau yang masuk terminal mengalami penurunan, selain karena mereka mempunyai mobil pribadi, banyak juga berhenti di perbatasan tol, kemudian di luar terminal karena pesan gojek, dijemput, dan lainya," ungkapnya.

Mursasi menyebut, kenaikan penumpang pada musim libur Natal ini sudah melampaui target sebelumnya yang hanya 15 persen, dengan penumpang terbanyak menuju Medan.

"Banyaknya ke Medan. Biasanya kita satu hari itu hanya 2 bus, sekarang 4 bus. Kenaikan di tanggal 23 itu sudah di angka 24 persen dari target awal hanya 15 persen jadi lebih dari target kita," terangnya.

Namun untuk penambahan bus, Mursasi menyebut pihaknya masih berkoordinasi dengan Pelabuhan Bakauheni apabila di sana terjadi hal yang genting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: