Imigrasi Bandar Lampung Sidak TKA di 5 Perusahaan di Lampung, Ini Hasilnya

Imigrasi Bandar Lampung Sidak TKA di 5 Perusahaan di Lampung, Ini Hasilnya

Pegawai Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung sidak ke perusahaan yang mempekerjakan TKA. Foto Ist.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung melakukan sidak ke lima perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA). Sidak tersebut dalam rangka Operasi Jagratara di Kantor Imigrasi seluruh Indonesia. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung Indra Bangsawan menjelaskan, sidak tersebut dilakukan di lima perusahaan di Lampung yang mempekerjakan TKA pada 28 Desember 2023. 

Lima perusahaan tersebut yakni dua perusahaan di Tegineneng, Pesawaran yakni PT Mukti Panel Industri di Tegineneng Pesawaran dan PT Agung Jaya Raya dan PT Hiso Dairy and Food di Bandar Jaya Lampung Tengah, PT Tanjung Bio Energi di Terbanggibesar Lampung Tengah dan PT Min Gook juga di Terbanggibesar. 

"Dari lima perusahaan tersebut ada total 10 tenaga kerja asing. Dengan rincian delapan tenaga kerja asing dan dua investor asing," ungkap Indra Bangsawan didampingi Ferdinan Bidjang Kasi Intelijen dan Penindakan Kanim Imigrasi Kelas I Bandar Lampung, Jumat 29 Desember 2023. 

BACA JUGA:Kantor Imigrasi di Lampung Tunda Penerbitan 390 Paspor yang Terindikasi Calon PMI Non Prosedural

Dari hasil pemeriksaan, kata Indra Bangsawan, seluruh dokumen TKA lengkap. Adapun dokumen yang diperiksa yakni paspor, izin tinggal terbatas (ITAS), kemudian dokumen RPTKA yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

"Dalam proses pemeriksaan yang pertama pemeriksaan paspor, kemudian dicocokan paspor pemegangnya dan dicocokan si pemiliknya. Apakah sesuai tidak. Kami periksa izin tinggal sesuai dengan keberadaan," kata dia. 

Dari 10 warga negara asing tersebut, TKA paling banyak berkewarganegaraan China berjumlah 7 orang. Kemudian 2 Korea Selatan dan 1 warga negara Malaysia. 

"Adapun tujuan operasi Jagratara ini untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru dan menjaga kondusifitas Pemilu 2024," kata Indra Bangsawan.

BACA JUGA:Perwira Menengah yang Masuk Mutasi Polri dan Promosi Jabatan Menjadi Kapolres

Ia mengatakan, kelengkapan dokumen para TKA ini tak terlepas dari kerja keras Imigrasi dan pengawasan yang dilakukan. Pengawasan terhadap orang asing terus dilakukan dengan melibatkan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: