Sungai Mahakam sebagai Habitatnya Orcaella Brevirostris, Permata Tersembunyi Samarinda yang Mendunia

Sungai Mahakam sebagai Habitatnya Orcaella Brevirostris, Permata Tersembunyi Samarinda yang Mendunia

Sungai Mahakam sebagai Habitatnya Orcaella brevirostris hingga urat nadi kehidupan masyarakat , Permata Tersembunyi Samarinda yang Mendunia Miliki Kekayaan Alam. Foto instagram@rony_aria03.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sungai Mahakam merupakan permata tersembunyi Samarinda Kalimantan Timur yang mendunia yang memiliki menyimpan kekayaan alam yang menawan salah satunya sebagai Habitatnya Orcaella brevirostris.

Karena keindahan alam yang menawan, menjadikan Sungai Mahakam sebagai fokus utama bagi pariwisata lokal Samarinda. 

Dari Aliran air yang tenang hingga perbukitan yang memeluknya, sungai ini bukan hanya urat nadi kehidupan masyarakat, tetapi menyimpan kekayaan alam yang menawan.

BACA JUGA:39 Personel Polres Tanggamus Lampung Naik Pangkat, Ada yang Pakai Baret Merah Polri

Potensi wisata sungai Mahakam ini sudah memajukan pariwisata lokal. Dengan luas sekitar 32 km. 

Sungai Mahakam ini bermuara selat Makasar. Sungai panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda di bagian hilir.

Sungai Mahakam dinilai memiliki daya tarik yang tak kalah dengan sungai sungai terkenal diberbagai belahan dunia salah satunya sarana transportasi batubara.

Juga, memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

BACA JUGA:Wisata Pantai Sanggar Beach Kalianda yang Miliki View Istimewa, Jaraknya Hanya 1,5 Jam dari Bandar Lampung

Bahkan, Tepian Sungai Mahakam juga dimanfaatkan sebagai area publik yang menjadi tempat bersantai. 

Menjelang sore hari, kami akan melihat puluhan pedagang membuat lapak-lapak makanan dan minuman, berikut tempat duduk untuk bersantai.

Menjelang matahari terbenam, kawasan tepian Mahakam akan semakin ramai dikunjungi mereka yang ingin melihat keindahan wisata sungai Mahakam.

Selain itu, Sungai Mahakam juga merupakan habitat lumba lumba air tawar atau Orcaella brevirostris atau pesut yang merupakan spesies yang terancam punah.

BACA JUGA:Daftar Penginapan Murah di Palembang dengan Tarif mulai Rp 80 Ribuan, Lokasi Dekat Tempat Wisata Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: