Cuaca Ekstrem, Pohon Besar di Menggala Tumbang Tutupi Jalan Umum

Cuaca Ekstrem, Pohon Besar di Menggala Tumbang Tutupi Jalan Umum

Cuaca ekstrem menumbangkan pohon besar dan menutup jalan umum-Penerangan Kodim 0426 Tulang Bawang-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Cuaca ekstrem menyebabkan satu pohon besar di Kecamatan Menggala, Tulang Bawang tumbang dan menutupi badan jalan umum, Jumat 5 Januari 2024.

Pohon jenis jati tersebut tumbang setelah diterpa hujan disertai angin kencang yang mengguyur sekitar wilayah kecamatan Menggala. 

Petugas BPBD Tulang Bawang, Babinsa Koramil 426-02 Menggala Kodim 0426/TB Serka Darsani bersama masyarakat bahu membahu membersihkan pohon tumbang yang menutupi badan Jalan Damar di wilayah Rengas Cendung, Kecamatan Menggala tersebut.

Pohon besar tersebut tumbang dan menutup badan jalan sehingga arus lalu lintas terganggu karena tidak bisa dilewati.

BACA JUGA:Kenapa Bumil Sering Sakit Gigi? Ini Cara Mengatasinya

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Tulang Bawang Kanedi mengatakan, pada musim penghujan ini masyarakat diminta untuk selalu siaga atas potensi bencana alam yang ada di Tulang Bawang.

Apalagi, lanjutnya, jika Tulang Bawang telah memasuki musim penghujan dan sering diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Dia menjelaskan, bencana alam yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang hampir terjadi setiap tahunnya. Apalagi bencana banjir. 

Terpisah, Dandim 0426 Tulang Bawang Letkol Inf Triano Iqbal mengatakan, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang hingga menutupi badan jalan umum di Rengas Cendung.

BACA JUGA:Ada Indikasi Penyalahgunaan Data Pribadi untuk Pinjol, Ini 3 Langkah Mudah Lapor ke OJK

"Iya peristiwa tersebut membuat warga pengguna jalan terganggu. Karena itu kami perintahkan Babinsa untuk membantu membersihkan pohon tumbang yang sempat menutupi akses jalan," kata Dandim, Jumat 5 Januari 2024.

Pada kesempatan ini, Letkol Iqbal juga berharap melalui kerja bakti ini dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan masyarakat semakin baik.

Tidak hanya itu, Dandim juha mengimbau kepada warga untuk selalu waspada karena cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Pada bagian lain, cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang dan petir yang melanda Kecamatan Menggala dan sekitarnya beberapa waktu lalu juga menyebabkan satu rumah warga ambruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: